You’re the Reason I am (buat SW)

19

Desember 20, 2009 oleh sedjatee

Dalam salah satu tulisan tentang kepahlawanan, wakil ketua DPR RI Anis Matta pernah menulis kekuatan para wanita dalam membentuk karakter kepahlawanan. Dan teladan yang dikutip adalah sosok Khadijah di sisi Rasulullah saw. Betapa seorang mahahebat sekelas Rasulullah ternyata begitu tergantung pada karakter lembut dan pengayom pada diri Khadijah. Lalu juga dicontohkan betapa keagungan dinasti Umayah tak hanya semata lahir dari tangan Umar bin Abdul Azis, namun juga karena faktor keberadaan Fathimah binti Abdul Malik di sanding sang khalifah, memukau.

Di masa kini salah satu contoh kekuatan cinta itu dapat ditemui di sela bacaan textbook ekonomi. Tentang kisah hidup salah seorang peraih Nobel Ekonomi, professor yang menulis Real Algebraic Manifolds. Dialah yang menulis riset tentang “Le Probleme de Cauchy pour les E’quations Differentielles d’un Fluide Generale“, yang oleh Professor Hironaka disebut sebagai the Nash blowing-up transformation. Kebrilianannya mungkin adalah hal biasa, namun bagaimana dia yang jenius matematika itu, bisa menuturkan kata-kata sederhana dengan tulus dan jujur tentang cinta, sebuah kekuatan yang membangkitkan keterpurukan dirinya.

Kaitkan memori pada John Forbes Nash Jr. Dia adalah seorang pemikir dan kutu buku. Di usia 20 ia telah menyelesaikan program Master di bidang Matematika dan dikampus ia dikenal sebagai mahasiswa brillian luar biasa. Di usia 22, Nash lulus program doktor dari Princeton University. Tak heran jika Princeton University dan Massachusest Institute of Technology memberinya gelar professor jenius. Masa remaja Nash di kampus benar-benar unik, puritan atau bahkan malah abnormal, yang sama sekali tak tertarik dengan dugem. Ia bahkan menyingkir dari pergaulan dengan kaum hawa ketika wajah tampannya itu menjadi magnet yang mendekatkan wanita kepadanya. Nash benar-benar unik. Ia jenius, terbukti dialah yang mematahkan sandi peperangan Pasukan Jepang di Perang Dunia II. Namun satu momentum membuatnya sering berhalusinasi, dia menderita skizofrenia.

Skizofrenia, dari bahasa Yunani yang bermakna jiwa yang terbelah. Walau faktor genetik dan kerusakan struktur otak prenatal berperan dominan sebagai penyebabnya. Namun kelelahan mental ini disebabkan juga salah satunya oleh tekanan berfikir yang terlalu berat. Dunia medis merilis bahwa kasus ini terjadi antar 0,03 persen hingga 0,12 persen pada usia mulai 15 tahun. Sedangkan prevalensi kasus ini adalah hanya sekitar tiga persen di seluruh dunia. Memprihatinkan namun sangat manusiawi mengingat manusia dengan segala potensinya tetaplah sosok makhluk penuh keterbatasan.

Beruntung, Tuhan menakdirkan kehadiran Alicia di relung sanubarinya. Isteri yang berbakti sepenuh hati itu tak kenal lelah memotivasi sang suami untuk bertahan, tegar dan mengatasi kekurangan jiwanya. Perlahan, si jenius itu bisa tampil lagi ke panggung akademis, dan akhirnya dia bisa benar-benar tampil seutuhnya meski terkadang godaan halusinasi itu menghampirinya. Satu hal yang sangat disadari oleh Nash, bahwa faktor utama capaian prestasinya adalah bukan semata kejeniusannya, namun peran cinta Alicia.

Inilah kutipan pidato singkatnya dalam upacara penganugerahan Nobel prize bidang ekonomi di stockholm, pada desember 1994, diringkas dari adegan film “A Beautiful Mind” yang novelnya ditulis oleh jurnalis Jerman Sylvia Nasar

I’ve always believed in numbers, in the equation and logics for the reason.. but after a lifetime of such pursuits, I ask, what truly logic? Who decides reason? My quest has taken me through the physical, the metaphysical, the delusional and back. And I’ve made the most important discovery of my career. The most important discovery of my life. — (lalu sesaat Nash terdiam di panggung, untuk menatap wajah Alicia) — It is only the mysterious equations of love… that any logical reason can be found. I’m only here tonight because of you. You are the reason I am. You are all my reasons. Thank you.

Yup. dibalik kecemerlangan hidupnya, Nash tak menafikan faktor perhatian dan cinta yang dicurahkan oleh Alicia tatkala meniti celah sempit kehidupan. Lebih dari itu Nash jujur mengungkapkannya. Pasangan John Forbes Nash Jr dan Alicia Nash menghabiskan masa tua di Princeton, New Jersey, tempat dimana kaki-kaki rapuh Nash melangkah setiap hari untuk tetap mengisi kelas-kelas Jurusan Matematika yang menjadi tanggungjawabnya.

All Love Can Be (James Horner)

I will watch you in the darkness
Show you love will see you through
When the bad dreams wake you crying
I’ll show you all love can do, What love can do

I will watch through the night
Hold you in my arms
Give you dreams where none will be

I will watch through the dark
Till the morning comes
All the light
I’ll take you through the night
To see the light showing us all love can be

I will guard you with my bright wings
Stay till your heart
Learns to see all love can be

Sedjati –  Buat SW, you are the reason I am…

19 thoughts on “You’re the Reason I am (buat SW)

  1. alamendah mengatakan:

    (maaf) izin mengamankan PERTAMA dulu. Boleh kan?!

  2. alamendah mengatakan:

    (maaf) izin mengamankan KEDUA dulu. Boleh kan?!
    Kehadiran sosok wanita pendamping yang tepat bisa mempengaruhi segalanya, ya?

  3. wardoyo mengatakan:

    Saya sudah berulangkali menyaksikan A Beautiful Mind, cerita tentang Nash yang jenius. Pada akhirnya Nashpun mengakui bahwa cinta sejati bisa mengalahkan angan-angan, dan iapun memilih cintanya.

    Kisah sejarah yang indah dan bisa menjadi cermin bagi siapapun yang mencermatinya. Salut.

  4. citromduro mengatakan:

    selamat malam
    lama tidak mengunjungi saudara semoga masih bisa diterima kedatangan ini bertamu dan mengetuk pintu

    pendamping yang baik adalah kunci kesuksesan dari seseorang

  5. atmo kanjeng mengatakan:

    setelah membaca ini jadi nambahin satu alasan lagi buat saya untuk segera mengakhiri masa lajang🙂

  6. Dangstars mengatakan:

    Semoga akur terus sama SW 😛 😛

  7. mas tyas mengatakan:

    wanita membuat hidup ini gersang.. ( seger dan merangsang motivasi hidup )

  8. katakatalina mengatakan:

    semoga saya bisa menjadi setegar alicia…

  9. wardoyo mengatakan:

    Semakin dibaca semakin tertegun.

  10. zipoer7 mengatakan:

    Salam Takzim
    Buah duku buah delima
    Harga tinggi dibeli juga
    Postingan sudah kelar dibaca
    Tinggal buat resumenya
    Salam Takzim Batavusqu

  11. heru mengatakan:

    merenungi bacaan ini

  12. JakaPrasetya mengatakan:

    Itu kenapa kita diciptakan berpasangan.

    Salam🙂

  13. […] JATI DIRI insan sejati, tentang ke-SINTING-an yang Ada-ada sajah, Menulis atawa Mengarang, Mencari Jejak Kehidupan untuk Love for Live. Menimba Ilmu dikedalaman para guru-guru dan guru, menelusuri hikmah alam, […]

  14. Kakaakin mengatakan:

    Subhanallah…
    Jangan remehkan kaum wanita…
    karena kontribusinya sangatlah besar dalam membentuk suatu generasi

  15. Eric S Brown Parking mengatakan:

    Check this out…

    […] that is the end of this article. Here you’ll find some sites that we think you’ll appreciate, just click the links over[…]……

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: