03. Dosa Sihir

Tukang sihir itu kafir. Allah berfirman: Akan tetapi setan-setan itulah yang kafir. Mereka mengajarkan sihir kepada manusia. (Al-Baqarah: 102) Dalam mengajarkan sihir kepada manusia setan tidak mempunyai maksud kecuali agar ia menjadi musyrik.

Berkenaan dengan Harut dan Marut : Dan apa yang diturunkan kepada dua orang malaikat di negeri Babil yaiu Harut dan Marut, sedang keduanya tidak mengajarkan (sesuatu) kepada seorangpun sebelum mengatakan, ” Sesungguhnya kami hanya cobaan (bagimu), sebab itu janganlah kamu kafir’. Maka mereka mempelajari dari keduanya apa yang dengan sihir itu mereka dapat menceraikan antara seorang (suami) dengan isterinya. Dan mereka itu (ahli sihir) tidak memberi mudharat dengan sihirnya kepada seorangpun, kecuali dengan ijin Allah. Dan mereka mempelajari sesuatu yang memberi mudharat kepadanya dan tidak memberi manfaat. Dan sesungguhnya mereka telah tahu bahwa barang siapa yang menukarnya (kitab Allah) dengan sihir itu, tiadalah baginya keuntungan di akhirat (Al- Baqarah: 102)

Betapa banyak orang yang tersesat, memasuki wilayah sihir dan menyangka bahwa hukum sihir itu haram saja. Mereka tidak menyangka bahwa hukum sebenarnya adalah kufur. Mereka mengajarkan ilmu Simia dan mengamalkannya, padahal ia sihir ansich. Ada juga yang mengikat seseorang (mengguna-gunai, memelet) dari istrinya, dan yang sejenisnya dengan kalimat-kalimat tak bermakna yang kebanyakannya syirik dan kesesatan.

Hukuman bagi penyihir adalah dibunuh. Sebab sihir itu kufur kepada Allah atau mendekatinya. Nabi bersabda, “jauhilah tujuh perkara yang membinasakan!” Lalu beliau menyebutkan diantaranya sihir . Maka seorang hamba mestinya bertaqwa kepada Rabbnya dan tidak memasuki wilayah yang membuatnya merugi dunia-akhirat. Telah sampai kabar dari Nabi bahwa hukuman bagi penyihir adalah dipancung dengan pedang . Namun yang benar, ini adalah pernyataan sahabat Jundub.  Bajalah bin Abdah berkata, “Telah sampai kepada kami surat dari Umar setahun sebelum wafat yang isinya, ‘hendaknya kalian membunuh semua penyihir; laki-iaki dan perempuan !”

Wahb bin Munabbih berkata, “Diantara buku-buku yang saya baca ada yang menyebut bahwa Allah berfirman, Tidak ada ilahyang berhak diibadahi kecuali Aku. Bukanlah termasuk waliKu orang yang menyihir dan minta disihirkan. Juga orang yang praktek dukun dan yang minta jasanya. Juga orang yang bertathayyur (meramal nasib dengan burung) dan yang memintanya.”

Ali bin Abi Thalib meriwayatkan Rasulullah bersabda, “Tiga orang tidak masuk surga; penenggak minuman keras, pemutus tali silaturrahim dan pembenar sihir”

Abdullah bin Mas’ud meriwayatkan “Sesungguhnya Ruqa, Tamaim, dan Tiwalah itu termasuk syirik”. Tamaim/ tamimah adalah sesuatu yang dikalungkan oleh orang- orang jahil pada leher mereka, leher anak-anak mereka, dan binatang peliharaan mereka. Mereka menyangka benda itu dapat menangkal ‘ain. Ini termasuk amalan jahiliyah. Siapapun yang meyakininya telah syirik. Tiwalah adalah salah satu jenis sihir. Yaitu mengguna-gunai perempuan agar mencintai suaminya. Hal ini dikategorikan sihir karena orang-orang yang jahil akan menyangka bahwa hal itu dapat memberikan pengaruh yang berbeda dengan taqdir Allah.

Khaththabiy berkata, “Apabila ruqyah dilakukan dengan al-Qur’an atau dengan asmaul husna, hukumnya mubah. Sebab Nabi pernah meruqyah Hasan dan Husain. Beliau berucap, “Kalian berdua aku mintakan perlindungan dengan kalimat-kalimat Allah yang sempurna dari setiap setan, hamak, dan ‘ain lamah. Hanya Kepada Allah-lah kita berlindung, dan kepadaNya-lah kita berserah diri.

Judul : Al Kabaair (Dosa-Dosa Besar)

Penulis: Syamsuddin Muhammad bin Utsman bin Qaimaz At-Turkmaniy Al-Fariqiy Ad-Dimasyqiy Asy-Syafi’iy (Imam Adz Dzahabi)

Penerbit: Maktabah Al-Malik Fahd Al-Wathaniah

Penerjemah: Abu Zufar Imtihan Asy-Syafi’i,

Penerbit: Pustaka Arafah – Solo, Cetakan: V. Mei 2007.

Diringkas oleh penulis blog dari : kampung sunnah

20 pemikiran pada “03. Dosa Sihir

  1. wah masih sempat tertangkap lagi
    kenapa bisa tertangkap???
    banyak alasan kenapa komen ditangkap sebagai spam.
    url yang diberikan dianggap sebagai spam
    tapi pengalaman saya karena terlalu cepat memberikan komentar sewaktu masih loading
    gimana tahu kalau tertangkap sebagai spam???
    komen yang masuk sebagai spam biasanya tidak keluar,
    komentar yang perlu rekomendasi biasanya akan keluar bahwa komen sedang menunggu moderasi, tapi kalau ketangkap langsung tidak kelihatan
    cek dulu sudah keluar atau tidak komen yang kita berikan

    gitu mas sedjatee pengalaman saya

    makasih ya telah mengeluarkan komentar saya yang tertangkap

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s