Tak Hanya Seputar Kerbau

19

Februari 8, 2010 oleh sedjatee

Seorang bocah yang masih berusia 12 tahun, Dominic Brain, asal Kabupaten Badung, Bali, berhasil mencatatkan namanya dalam buku rekor dunia “Guinness World Records” setelah berhasil menunjukkan kemampuannya mengingat 76 deret angka hanya dalam 60 menit. Brain sebelumnya berhasil memecahkan rekor pada Museum Rekor Indonesia (Muri), yaitu mengingat 52 kartu selama 100 detik dan mengingat 100 angka dalam waktu 12 menit.

Mengingat adalah salah satu pekerjaan yang cukup sulit dilakukan. Brain adalah istimewa. Orang bebal seperti saya, lebih gampang mengingat kata-kata mutiara yang diucapkan Martin Lawrence dalam film Bad Boys atau Blue Streak, daripada mengingat deret angka atau ramalan kode buntut alias togel. Namun Fred Chernow dalam “the Sharper Mind” (2001) menyebutkan bahwa seseorang bisa mengembangkan daya ingatnya dengan motivasi yang tinggi. Bangsa Amerika bangga pada Jenderal George Marshall, serdadu kesayangan Presiden FD Roosevelt. Marshall dikenal dengan kemampuannya menghafal setiap detail lokasi perang yang dijalani. Tak heran, selama memimpin sekutu, ia terlibat dalam peperangan di Filipina, Perancis, Postdam, Quebeck, Teheran, Yalta dan Casablanca.

Dalam sejarah perang, Napoleon Bonaparte dikenal memiliki kemampuan menghafal seluruh nama tentaranya yang jumlahnya mencapai ribuan orang. Lebih lanjut, Gordon Dryden dan Jeannette Vos dalam “Learning Revolution” (2000) menjelaskan bahwa Napoleon kemudian menciptakan suatu sistem pendidikan nasional yang aplikabel hingga saat ini. Dalam sistem tersebut, setiap anak di Perancis, pada hari yang sama, di sekolah manapun, harus mempelajari bentuk informasi yang sama dengan anak-anak lain yang sebaya. Imbasnya, saat anak-anak itu bertemu dalam forum di luar kelas, mereka punya topik yang sama untuk didiskusikan dan dimainkan.

Lantas, motivasi tinggi seperti apakah yang bisa membantu menaikkan daya ingat? Jawabnya, seperti slogan Nike, Just do it, lakukan saja. Lakukan pengingatan dengan mengucap, menghafal, bertanya, mencatat dan lainnya.

Bobby dePorter dalam “Quantum Teaching” (2002) menjelaskan bagaimana manusia belajar dengan media-media yang ada. Diuraikan, kita belajar 10 persen dari apa yang kita baca; 20 persen dari apa yang kita dengar; 30 persen dari apa yang kita lihat; 50 persen dari apa yang kita lihat dan dengar; 70 persen dari apa yang kita katakan; 90 persen dari apa yang kita katakan dan lakukan. Dan seperti uraian-uraian sebelumnya, just do it, lakukanlah… dari situ manusia bisa belajar banyak.

Seorang peneliti bernama Bryan Johnson telah merilis daftar 10 binatang paling cerdas di dunia. Mereka adalah: simpanse, lumba-lumba, monyet, gajah, beo afrika, gurita, anjing collie, burung gagak, tikus dan laba-laba portia. Diantara mereka, gajah adalah binatang yang memiliki kemampuan mengingat sangat hebat. Gajah sanggup mengingat detail lokasi dan wajah orang yang pernah dijumpai, kendati itu terjadi bertahun-tahun sebelumnya.

Well, dalam daftar binatang cerdas tersebut tidak ada nama kancil yang dipuji begitu cerdik dan memiliki banyak pengagum di negeri ini. Binatang kerbau juga tidak ada dalam daftar itu. Kendati dalam sepekan ini binatang yang bisa berdemo itu menjadi buah bibir di berbagai media massa, kerbau tetaplah ikon binatang dungu. Seorang presiden bahkan menyebut bahwa kerbau adalah binatang berbadan besar yang lamban, pemalas dan dungu. Bulus juga tidak masuk binatang cerdas meski orang cerdas / licik sering disebut memiliki akal bulus.

Kembali ke laptop, yang paling penting adalah bagaimana kita terus belajar, mengingat, menjadi semakin cerdas dan arif dalam bertindak. Di zaman teknologi informasi begitu maju, ada banyak jalan untuk bisa mempelajari banyak hal untuk menambah pengetahuan dan wawasan kita, agar kita tak hanya mengingat lima perkara. Juga supaya kualitas pembicaraan kita tak hanya berkisar seputar kerbau.

19 thoughts on “Tak Hanya Seputar Kerbau

  1. batavusqu mengatakan:

    Salam Takzim
    Untung saya punya link sahabat jadi kalau saya lupa url sahabat saya bisa meneksekusinya lewat link sahabat, untuk mengingat terlalu berat mungkin karena umur kali ya, kang sedjatee, selamat siang hanya itu yang saya ingat kalau matahari sudah ada diatas ubun ubun
    Salam Takzim batavusqu

  2. dedekusn mengatakan:

    Kerbau, udang, selalu dianggap binatang dungu & bodoh, padahal kerbau dagingnya nyaris sama dengan danging sapi berniai gizi tinggi, apalagi udang merupakan salah satu makanan yg tinggi proteinnya.

  3. Hary4n4 mengatakan:

    Soal kerbau yaa.. Hmmm..aku jadi ingat, pernah diseret kerbau sampe ikut masuk ke sungai.. Gara2 talinya aku pake mainan, tapi apes..tali itu mbulet di kakiku… Dan akhirnya aku sukses dipake bulan2an ama si kerbau.. Itulah ingatan yg tak mungkin lupa soal kerbau..
    Salam hangat.. Salam damai selalu…

  4. z4nx mengatakan:

    sukses buat anak2 bali..
    sukses untuk yang punya blog..
    sukses buat smua yang b’kunjung ke blog ini..
    dan tentunya..
    sukses juga buatku..
    he he..maksa

  5. dwiewulan mengatakan:

    dari pada ngajarin anak ngapalin angka.-angka… mending mencetak hadifz …(dreaming…hmmmm)…

    mantaaaps.. kalimat penutupnya…. salam

  6. dwiewulan mengatakan:

    ralat : hafidz kamsud na.. hehe

  7. Dan (TlsnKhdpn) mengatakan:

    Salam tuk Mas Sedjatee
    “kata-kata mutiara yang diucapkan Martin Lawrence dalam film Bad Boys atau Blue Streak”
    Apa saja Kata-kata Mutiaranya ?

    Menghafal memang luar biasa.
    Orang Arab zaman Nabi terkenal sangat pandai menghafal Syair-syair, Orang yang dijadikan pemimpin adalah yang paling banyak hafalan syairnya. Sehingga ketika Islam datang, mereka pun mudah menghafal al-Quran dan Hadits, dengan hafalan yang luar biasa sehingga keotentikan ajaran Islam dapat terjaga. Sampai sekarang pun banyak orang yang hafal Quran & Hadits, namun lebih banyak lagi yang tidak hafal, tidak tau dan tidak mengamalkan. Semoga ALLAH senantiasa memberi kita Hidayah-Nya.
    Salam.

  8. jundi313 mengatakan:

    hehehe….mungkin karena dungunya itulah kerbau mau-mau saja berpeluh-peluh membantu pak Tani membajak sawah..
    Bagaimanapun terima kasih untukmu wahai makhluk Allah bernama kerbau…
    “Dan tidaklah sesuatu apapun diciptakan Allah dengan sia-sia”

    btw, buat Om: meski produktivitasnya tinggi, kualitas tulisannya tetap terjaga..
    salute buat Om…

  9. wardoyo mengatakan:

    Sebenarnya kerbau tidak punya salah apa-apa kan. Yang memberi makna dan simbolisasi manusia juga.
    Jadi, urusan berpikir, memberi “nama” – seperti Adam a.s, dan membuat hubungan adalah urusan manusia juga, bukan urusan si kerbau atau si kancil.

    Mantap bro.

  10. batjoe mengatakan:

    terima kasih sdah selalu hadir diblog saya dan terima kasih atas artikel yang sangat luar biasa di blog ini..

    salam hangat

  11. batjoe mengatakan:

    kenapa juga Link ku dikasih nama Tuan BAtjoe…
    wah saya masih hijau mas tapi bukan hijau daun lho

  12. Kakaakin mengatakan:

    Ingatan saya juga payah nih…
    Menghafal salah satu surah di Juz ‘amma aja bisa berminggu2😦
    Sistem pendidikan di perancis bagus ya, seandainya bisa dipakai di Indonesia🙂

  13. ABDUL AZIZ mengatakan:

    Wah Mas saya kalah telak sama Dominic Brain. Saya sering kesulitan untuk mengingat murid-murid saya, walaupun hanya ratusan.

    Saya betul-betul kasihan pada kerbau itu, ia berbadan besar , lamban, pemalas dan dungu.

  14. kopral cepot mengatakan:

    seminggu tak menyapa dunia maya … banyak bahasa yang terlupa .. informasi tentang apa yang ada .. cerdas tak hanya sekedar aqli tapi juga emosi yang terpatri dalam spiritual sejati .. itulah sebab sy berkunjung kemari tuk temui inspirasi dari sang pencatat dan penjejak hidup sejati .. btw kerbaunyah tlah memberi inspirasi bagi yang tak cepat sakit hati

    salam tangkyu braatar sedjatee😉

  15. citromduro mengatakan:

    sekedar masukan mas
    biar komen bisa tambah ping pada url atau website dimasukkan url sejate
    biar dapat balasan dari google gitu mas

    hi…. hiii komennya jarang yang ada link url sih harus masuk ke slide bar untuk datang kemari
    pamekasan madura

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: