The Long and Winding Road

14

Maret 17, 2010 oleh sedjatee

The long and winding road, that leads to your door,
Will never disappear I’ve seen that road before,
It always leads me here, lead me to you door

Ini adalah sebuah ulasan tentang lagu yang akan menjadi bagian dari ingatan saya. The Long and Winding Road (1969) dianggap oleh banyak pengamat sebagai karya terakhir The Beatles. Tak hanya status lagu penutup karir, lirik lagu inipun mengisyaratkan suatu akhir perjalanan yang penuh duka. Paul McCartney, sang penggubah lagu, menuliskannya dalam suasana penuh kekecewaan pada band yang dirintisnya sepuluh tahun lalu. Ia mengatakan bahwa perpecahan adalah sesuatu yang tak terhindarkan. Dan berikutnya terbukti bahwa perpecahan itu dimulai dari mundurnya Paul McCartney dari the Beatles pada April 1970. Inspirasi menulis lagu ini lahir saat ia berkontemplasi di suatu jalan panjang yang sepi di pesisir timur Kyntire hingga Campbeltown, Skotlandia.

The wild and windy night, that the rain washed away,
Has left a pool of tears, crying for the day
Why leave me standing here, let me know the way

Cermati partiturnya. Lagu berkarakter balada piano ini ditulis dengan nada dasar E Major namun sesekali bermigrasi secara konvensional ke C Minor. Dalam setiap kemunculannya kredit atas lagu ini selalu ditulis sebagai karya Lennon-McCartney, tetapi pada 1990-an Paul McCartney melakukan koreksi melalui media bahwa ia mengganti kredit lagu itu sebagai sepenuhnya gubahan McCartney seorang.

Rekaman perdana lagu ini dilakukan pada 31 Januari 1969 di studio Apple Record dengan formasi tak lazim yaitu Paul McCartney (piano), John Lennon (bas), George Harrison (gitar), Ringo Starr (drum) dan bantuan kibor oleh Billy Preston. Inilah satu-satunya lagu dimana John Lennon memainkan bas, instrumen yang selama ini dikuasai oleh si kidal Paul McCartney. Cara John memainkan bas dengan sangat buruk ini dikritik oleh pengamat Beatles, Ian McDonald, sebagai “atrocious” alias kurang ajar. Bahkan McDonald menganggapnya sebagai sabotase atas karya murni Paul. Versi orisinil ini didominasi oleh suara piano Paul dan beberapa kali suara latar John dan George.

Hanya setahun setelah rekaman lagu itu, empat ajaib ini menyatakan bubar. Perpecahan ini menginisiasi produser Phil Spector untuk melakukan aransemen baru dengan menambahkan instrumen 18 violin, empat biola, empat selo, tiga trumpet, tiga trombon dan suara 14 penyanyi latar dengan Richard Hewson sebagai konduktor orkestra. Kreasi aransir Phil menciptaakan nuansa megah namun tak mengubur kesan sedih pada balada ini. Pada proses rekam aransir kedua ini, hanya Ringo Starr yang hadir di Apple Record. Belakangan Paul McCartney melalui surat penolakannya menyatakan tidak setuju atas versi kedua lagu ini yang diaransir ulang tanpa seizinnya.

Many times I’ve been alone, and many times I’ve cried
Any way you’ll never know, the many ways I’ve tried

Dihimpun bersama Let It Be, Across the Universe, I Me Mine, Two of Us, dan lainnya, The Long and Winding Road muncul dalam album “Let It Be” yang dirilis pada 1970 oleh Apple Record. Lagu ini juga muncul pada album Anthology Three (Apple/Parlophone, 1996) dan single bersama For You Blue (Apple, 1970). The Long and Winding Road dinobatkan sebagai single pemuncak pada Billboard Hot 100 selama dua pekan pada 13 Juni hingga 26 Juni 1970. Sedangkan albumnya, Let It Be, memuncaki Billboard Hot Album pada 13 Juni hingga 30 Juli 1970. Majalah “Rolling Stone” memosisikan album ini di peringkat ke-86 pada 500 greatest albums of all the time pada tahun 2003.

Tahun 2003, Apple Record merilis “Let It Be.. Naked” yang memuat lagu ini versi asli rekaman perdana the Beatles, bukan hasil aransir Phil Spector. Inilah versi yang dikehendaki oleh sang penggubah, Paul McCartney. Versi itulah yang juga dimunculkan dalam filem “Let It Be” tahun 1969. Pasca bubarnya Beatles, Paul McCartney selalu mementaskan lagu ini dalam turnya bersama Wings maupun konser tunggalnya. Hingga 2009 lagu ini tercatat telah mengalami setidaknya 18 kali aransir ulang oleh beberapa biduan dalam berbagai versi rekaman diantaranya Diana Ross (Everything, 1970), Kenny Rogers (Rollin, 1974), Olivia Newton John (Come on Over, 1976), Billy Ocean(Suddenly, 1984), George Michael (Concert 4 Linda, 1999), Regine Velasquez (R2K, 1999), The Corrs (Party at The Palace, 2002), Chris deBurgh (Footsteps, 2008) dan Ruben Studdard (Love Is, 2009).

But still they lead me back, to the long winding road
You left me standing here, a long long time ago
Don’t keep me waiting here, lead me to your door

I was a bit flipped out and tripped out at that time. It’s a sad song because it’s all about the unattainable; the door you never quite reach. This is the road that you never get to the end of. – Paul McCartney.

referensi dan sumber gambar : songfacts.com ; wikipedia

14 thoughts on “The Long and Winding Road

  1. asepsaiba mengatakan:

    Sayah suka lagunya Beattles yang ini.. “Hey Jude…”🙂

  2. atmokanjeng mengatakan:

    terus terang saya menyukai lagu ini setelah baca resensi dari Sedjatee..
    membacanya menjadikan saya ikut berkontemplasi tentang sebuah perjalanan…dan hal ini membuat saya teringat juga pada sajak Radhar Panca Dahana ..sebuah perjalanan singkat ini terasa panjang …

  3. sunflo mengatakan:

    wadaww… dulu wayang sekarang de bitles… mr, bisa aja… btw, aq ga kenal n ga ngefans ma nie grup, jadi ga bisa komen banyak yaa.. semoga mr sukses n hepi selalu aja.

  4. darahbiroe mengatakan:

    saya suka tapi sedikit ngefens juga ma the beatles ini hahha

    ijin mengamankan posisi ke empat yakkk

  5. arkasala mengatakan:

    banyak lagu-lagu yang saya sukai dari the beatles ini. Dan yang masih saya hafal adalah I saw her standing there.
    Trims nih jadi pengen denger lagu2nya lagi🙂

  6. M. 'Arief B. mengatakan:

    Ternyata panjang dan liku2 juga the long n winding road ini, sampai formasi unik Lenon pegang bas.. (Baru tau)

  7. catatanpelangi mengatakan:

    Coba search lagu ini di 4shared didengerin … Lumayanlah😀

  8. muhammad zakariah mengatakan:

    the beatles emank lagunya keren2. kan klo gak salah jd icon kota liverpool tuh.. trus banyak diikuti band2 lain mulai dari gaya dan jenis musiknya.. emank TOP dah..😀

  9. Batavusqu mengatakan:

    Salam Takzim
    Pokoknya saya senang lagu lagu yang dikeluarkan the beatles kang walau lama tetap enak didengar sampai sekarang
    Selamat siang kang, selamat berekspresi dengan karya karya barunya, tetap sukses selalu untuk kang sedjatee
    Salam Takzim Batavusqu

  10. dedekusn mengatakan:

    Sy memiliki semua lagu yg judunya disebutkan diatas, thanks ulasannya.

  11. Yunus Chalim mengatakan:

    the beatles it great

  12. […] perjalanan BW batavusqu terhenti sejenak di wisma besar milik kang sedjatee, karena batavusqu harus beristirahat sambil mengingat ingat dan ternyata hari ini bertepatan […]

  13. oelil mengatakan:

    weew lagu ini enak banget di dengarkan waktu mau tidur yach

  14. ABDUL AZIZ mengatakan:

    Saya senang lagu ini. Tahun 1969 saya sudah kelas 3 SMP, waktu itu yang saya sukai lagu Sanfransisco dan Realise Me.

    The Long and Winding Road , mengingatkan saya akan perjalanan yang harus saya tempuh menuju tempat kerja sekitar 45 km di Cianjur Selatan dengan jalan berliku-liku yang sering dilanda bencana longsor.

    Menarik sekali ulasannya Mas. Bagaimana kalau mengulas penyanyi-penyanyi Muslim sekarang, seperti Sami Yusuf, Yusuf Islam, dan Natieve Deen ?
    Terima kasih.
    Sukses selalu.
    Salam

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: