Mimpi Buruk tentang Mimpi Buruk

26

Mei 4, 2010 oleh sedjatee

Saya tertarik membahas tentang mimpi karena mimpi buruk saya sabtu malam kemarin. Kepada mbah Google saya sempat melontarkan pertanyaan: apa penyebab mimpi? Jawabnya sungguh terlalu, sungguh tak lucu: karena saya tidur.

Mimpi bukanlah hal remeh-temeh yang bisa disepelekan begitu saja. Mimpi adalah isyarat. Jika mimpi yang satu ini terjadi di zaman lampau, mungkin paginya akan segera saya pasang di kupon buntut. Jangan remehkan mimpi. Pembicaraan tentang mimpi juga ada di kitab suci. Mimpi adalah perintah kepada Kanjeng Nabi Ibrahim Khalilurrahman Alaihissalam untuk melaksanakan ibadah qurban. Bahkan Kanjeng Nabi Yusuf dikenal piawai menafsirkan mimpi penguasa Mesir pada zaman itu.

Terkait dengan mimpi, Kanjeng Nabi Muhammad pernah bersabda, “Mimpi itu ada tiga. Mimpi yang baik merupakan kabar gembira dari Allah. Mimpi yang menyedihkan berasal dari setan, dan mimpi yang datang dari obsesi seseorang. Jika salah seorang di antara kalian mimpi yang menyedihkan maka hendaklah dia bangun lalu shalat dan tidak menceritakannya pada orang lain.” (H.R. Bukhari dan Muslim)

Well, mimpi buruk berasal dari setan, itu kita setuju. Tapi, apakah yang menyebabkan seorang mengalami mimpi buruk? Ada banyak jawaban yang disampaikan melalui bantuan Mbah Google. Menurut situs lifestyle, laporan United States National Library of Medicine, menyebut faktor-faktor penyebab terjadinya mimpi buruk yaitu: kecemasan / stress, kandungan lemak pada makanan, alkohol, obat-obatan dan kondisi sakit.

Yang mencengangkan adalah artikel ”Tipe Bos Penyebab Mimpi Buruk” di  kapanlagi.com. Disebutkan, ada delapan tipe bos yang menyebabkan mimpi buruk bagi para karyawannya. Mereka diantaranya adalah bos bertipe satpam (memantau terus sambil meneror), bos tipe hakim (selalu cari-cari kesalahan), bos gila kerja (nyuruh orang lain kerja tapi dia tidak kerja), bos pengejek (nyaci aja kerjanya) hingga bos tidak profesional (gak pinter tapi sok pinter). Weleh-weleh. Bagi saya, jika ada sosok bos yang begituan, maka dia adalah mimpi buruk itu sendiri.

Kembali ke mimpi saya. Sangat mengherankan, pada sabtu malam yang rileks saya mengalami mimpi yang luar biasa mencekam. Saya sampai tindihen, berteriak-teriak dalam tidur hingga membangunkan seisi kampung. Apakah saya mengalami stress? Entahlah, yang jelas saya bukan pengonsumsi alkohol, obat-obatan dan dalam kondisi sehat wal afiat. Hanya saja, ketika istri saya membangunkan dan menanyakan mimpi yang saya alami, dia tertawa mendengar jawaban saya. Huehehehe…

Ketika saya membuka primbon, tafsir mimpi saya adalah: akan mendapat rejeki. Dan benar, senin pagi adalah saat gajian yang sempat tertunda. Antara mitos dan syariat, sejak itu saya bertekad untuk memulai kerja dengan membaca ayat kursi (lho apa hubungannya…). Dan saya mengajak pembaca untuk menebak, mimpi buruk apakah yang saya alami? Sebagai hadiah saya akan mendoakan agar Anda tidak mengalami mimpi buruk seperti saya, di alam mimpi maupun di dunia yang sesungguhnya.

sumber gambar: clipart.com dan swaptree.com

26 thoughts on “Mimpi Buruk tentang Mimpi Buruk

  1. achoey mengatakan:

    Waduh, saya pertamax
    Jelas ini bukan mimpi buruk😀

  2. bundamahes mengatakan:

    hahaha..
    jangan-jangan tipe-tipe bos yang njenengan sebutkan di atas ada dalam satu orang ya pak?!
    jangan-jangan imbas dari perlakuan bos di atas sudah masuk ke alam bawah sadar sampe terbawa mimpi?!
    smoga itu mimpi pertama dan terakhir, hanya turut prihatin😛

  3. wawansri mengatakan:

    Alhamdulillah…
    tdk punya ”Tipe Bos Penyebab Mimpi Buruk”

  4. rose mengatakan:

    hehehe… betul kata mbah gugel, penyebab mimpi buruk tuh karena kita tidur…😆

  5. sunflo mengatakan:

    aq juga pernah mengalami tindihan, mr… uuuuh susaaah banget bangunnya kek kehimpit batu besar.. hehe… aq ga punya bos penyebab mimpi buruk deh, semua yang kujumpai adalah bos pembuatku tersenyum…🙂

  6. reedai313 mengatakan:

    hehehehe…
    om..
    mpe dimimpi2in gitu..
    sefenomenal itukah belio..

    jangan lupa link ane diganti y, Pak..
    dah pindah rumah ke wordpress nih..
    🙂

  7. Kakaakin mengatakan:

    Hmm… jadi Mas Sedj ini mimpi apaan?? Eh, bukannya mimpi buruk nggak boleh dicritain ke orang lain🙂

  8. Kaka Akin mengatakan:

    Ye… kalo gajian bulanan mah udah so pasti, nggak perlu buka2 primbon tafsir mimpi segala:mrgreen:

  9. darahbiroe mengatakan:

    wakwkakwka
    moga ajah gak setiap hari dimimpiin buruk hingga sesak nafas terjeopit gitu
    hgehhehe😀

  10. kopral cepot mengatakan:

    yang susah di sy itu kalo habis mimpi trus mau menuliskan mimpi itu … dah lupa lagie😉 … nah si Mas ini emang jago nulis, teruji bisa nulis mimpi sendiri .. emang mimpi kan bawa rejeki😉

  11. atmokanjeng mengatakan:

    mimpi itu seperempat dari kenabian. jadi kalau ada yang bilang semalam bilang berimpi anu tapi kenyataannya tidak, dia adalah seorang pendusta yang besar. apalagi menggunakan mimpi itu untuk berbuat dzalim..
    misal, mengaku bermimpi bertemu nabi padahal tidak…dll

  12. delia mengatakan:

    Mimpi lia pernah mengerikan mengenai tanda2 kebakaran.. dan benar besoknya rumah liakebakaran😦

    Setuju mas… baca doa mau tidur dan ayat kursi.. itu yang lia lakukan

    mas sedjatee mimpi apa ya…heheheheeh😀

  13. dedekusn mengatakan:

    Mimpi….
    seringnya sy ga begitu mempeduikan arti mimpi… apalagi mimpi buruk… tapi kalo primbonnya yg baik2 boleh juga tuh hehehe…

  14. Piss mengatakan:

    Mudah2an semua mimpiku malam ini pertanda baik dari Allah SWT.. AMin.

  15. wardoyo mengatakan:

    Mimpi itu perlambang, bisa jadi simbol dari peristiwa yang akan terjadi, bisa juga petunjuk sebuah perubahan.
    Sepengetahuan saya, kalau “Sang Pemimpi” merasa senang – walau mimpinya menakutkan – artinya pasti positif. Sebaliknya, kalau merasa takut dan gelisah, mimpinya bermakna negatif. Jadi, seandainya ada dua pemimpi sama-sama mimpi digigit ular, arti mimpinya bisa berbeda, tergantung suasana hati “sang pemimpi” itu sendiri…

    Selamat bermimpi kembali, bung sedjatee…

  16. Usup Supriyadi mengatakan:

    kalau saya jarang mimpi lho mas . sempat heran juga .

    tepat sekali bahwa, ALLAH terkadang menghibur hamba-Nya melalui mimpi

    selamat sore .
    ada lomba kecil-kecilan nih . ikutan ya .
    http://degoblog.wordpress.com/2010/05/07/de-go-blog-competition-2010/

    terima kasih .

  17. The Fachia mengatakan:

    Wah jgn2 saya mimpi buruk karena kandungan lemak yg brlebih ya? hehehe

    Makasih sobat atas sharing-nya..🙂

  18. arkasala mengatakan:

    wah kok saya kesulitan menebak mimpinya.
    Cuman saya beberapa kali mimpi ketemu ular yah … lantas saya pasti nendang dan pernah tendangan saya pernah kena sudut meja.
    kalo ini mimpi buruk yang bernar-benar berakibat buruk kali he he
    Trims🙂

  19. citromduro mengatakan:

    seandainya tidak tidur mungkin tidak bakalan mimpi ya

  20. yanrmhd mengatakan:

    tapi dapat rejeki kan bung Sedjatee…, hehe..alhamdulillah..
    bicara soal mimpi, bila mimpinya baik dimalam2 terakhir maka, insya Allah sebuah petunjuk…
    -wallahua’lam-

  21. nuun mengatakan:

    kalo ketemu bos2 yang tersebut di atas mah, bukan mimpi buruk lagi. Tapi pengalaman buruk… hehehe

  22. […] dan siang hari[1]. . . tulisan ini terinspirasi dari tulisan dua sahabat blogger di bawah ini : 1. Mimpi Buruk tentang Mimpi Buruk by Sedjatee 2. Ini Nyata, Bukan Mimpi!! by Cempaka . Kali ini coba kita bahas masalah mimpi. Apakah […]

Tinggalkan Balasan

