Pada Seratus Ini

31

Mei 20, 2010 oleh sedjatee


Tak terasa kebiasaan meracau di halaman rumah Tuan WordPress ini telah memasuki edisi ke seratus. Ini adalah coretan keseratus saya. Apa istimewanya angka seratus? Sama sekali tak ada. Menuliskan seratus coretan dalam kurun enam belas bulan bukanlah sesuatu yang istimewa. Dan pemaklumannya adalah karena intensitas interaksi saya dengan internet hanya berlangsung beberapa menit saja setiap harinya, itupun tak saban hari internet bisa saya sambangi. Oleh karenanya tulisan ini tak ada yang khusus. Tetapi angka seratus selalu menjadi catatan tersendiri bahkan terkadang dikaitkan dengan makna-makna tertentu. Dari berbagai sumber, berikut ini adalah beberapa fakta terkait dengan bilangan seratus.

Seratus adalah basis hitungan persentase. Sesuatu dikatakan sempurna, penuh atau utuh apabila persentasenya adalah seratus persen. Selain itu dalam matematika, seratus adalah jumlah sembilan bilangan prima yang pertama (cari sendiri, jumlahkan sendiri).

Di negara kita, duit Rp.100 adalah pecahan terkecil. Tetapi konon dinegara paman Sam, $100 adalah pecahan terbesar. Di Yunani, India dan Israel, 100 adalah nomor telefon polisi. Sedangkan di Belgia 100 adalah nomor telefon pemadam kebakaran. Di Inggris 100 adalah nomor operator telefon selular.

Seratus derajad selsius adalah titik didih air pada ketinggian nol diatas permukaan laut. Seratus tahun disebut sebagai senturi. Perseratus dari beberapa matauang disebut dengan sen. Dan perseratus dari semeter disebut sebagai senti.

Seratus adalah jumlah anggota senat amerika serikat, yang tiap negara bagian diwakili oleh dua orang senat. Sedangkan di negara kita, pada tahun 1966 pernah memiliki Kabinet Seratus Menteri. Struktur kabinet tersebut sebenarnya berjumlah 112 pejabat termasuk 4 orang waperdam (wakil perdana menteri) dan para kepala lembaga negara.

Pada 2 maret 1962, Wilt Chamberlain mencetak rekor pencetak angka tertinggi dalam satu pertandingan basket NBA yaitu dengan 100 poin. Di ajang sepakbola, pada 17 Januari 2010 Lionel Messi mencetak gol ke 100 untuk klubnya Barcelona. Di Inggris, sejak bernama Liga Primer sejauh ini baru ada 19 orang yang telah mencetak 100 gol atau lebih.

Mengacu pada rasio kepadatan wilayah di bumi saat ini, jika bumi ini dihuni hanya oleh 100 orang maka komposisinya : 57 orang asia, 21 orang eropa, 14 orang amerika dan 8 orang afrika. Sedangkan bila mengacu pada rasio jenis kelamin, maka isinya adalah 52 wanita dan 48 pria.

100 adalah nomor atom bagi Fermium di daftar periodik unsur kimia. Zat radioaktif itu diberi nama pada tahun 1955 dan namanya adalah penghargaan bagi fisikawan Enrico Fermi.

Dalam sejarah dunia dikenal Perang Seratus Tahun antara kerajaan Inggris dengan kerajaan Perancis. Hitungan tersebut keliru karena sebenarnya perang itu berlangsung selama 116 tahun dari tahun 1337 – 1453

Dalam pewayangan, kata seratus melekat pada Kurawa, anak-anak Destarasta dan Gandari. Keseratus anak itu lahir dalam wujud segumpal daging. Serpihan terbesar kemudian tumbuh sebagai Duryudana, yang dianggap sebagai yang tertua dari para Kurawa. Keseratus kurawa adalah laki-laki kecuali satu perempuan bernama Dursilawati.

Pada 1978, Michael H. Hart, guru besar astronomi dan fisika yang bekerja untuk NASA menulis “100: A Ranking of the Most Influential Persons in History”. Dan peringkat pertama dari seratus manusia paling berpengaruh menurutnya adalah Kanjeng Nabi Muhammad Shalallahu Alaihi Wasallam.

Anda punya fakta lain tentang angka 100?

Salam
Jejak Sehidupan Sejati
sederhana, orisinil, apa adanya
sumber gambar : flickr.com

31 thoughts on “Pada Seratus Ini

  1. wardoyo mengatakan:

    Huahahaha…. peringatan 100 artikel tho. Untung bukan peringatan 100 hari yang biasanya pake acara kendurian dan yasinan…

    Selamat bung sedjatee untuk 100-nya .

    (Btw, boleh tanya siapa komentator yang mencapai lebih dari 100 kali komeng di blog ini???)

  2. Hanik mengatakan:

    postingan ke-100-nya keren…

  3. bundamahes mengatakan:

    Kereeeeenn..
    “niat” juga ya Pak nyari data tentang maksud dari angka seratus itu!🙂
    jangan-jangan si Mak Lampir titisannya Dursilawati, Pak!

  4. kanglurik mengatakan:

    mencoba untuk konsisten susah pak Sedjatee.
    Empat jempol deh buat Pak Sedjatee yang bisa nembus angka 100….
    *tosss*

  5. reedai313 mengatakan:

    Seratus…..
    janji SBY akan perubahan pada negeri..
    Gmn Om?
    Nilai buat Pak SBY atas realisasinya janjinya
    Seratus jugakah?

  6. ina mengatakan:

    Seratus..
    Alangkah bangganya jika nilai semua mata pelajaran anakku bernilai seratus…

  7. yanrmhd mengatakan:

    wah selamat Bung Sedjatee🙂 sudah menuliskan
    seratus artikel,,, seratus deh, hehe…

    sukses selalu,🙂

  8. dedekusn mengatakan:

    yang pasti postingan2 mas sedjatee sampai edisi 100 ini semuanya OK, semuanya bermanfaat, .. sukses & salut.

  9. Piss mengatakan:

    Selamat malam, semoga sampai pada edisi ribuan atw jutaan mas🙂

  10. Delia mengatakan:

    yuppp seratus untuk grup A…hehehehe
    biasanya kalo cerdas cermat kan gitu😆 jd ingat masa kecil..

    Selamat Mas sedjatee…tetap konsisten ngeblog..
    itu yg patut diacungi jempol 100 ^_^

  11. Blognya Achot mengatakan:

    hebat euy..ada aja ide-idenya.. mantap.. ni dapet ide mendadak atau memang sudah di rencanakan mas.. pokoke keren dah..
    ==
    maju terus, dan di tunggu untuk 1000 artikelnya..🙂

  12. Kuz09 mengatakan:

    Thanks pecinta wayang.. sedj..Bruce..

  13. Endang Kusmana mengatakan:

    Sukses dengan angka 100-nya, nah sekarang.. angka yang nilainya okay adalah $100. Gimana cara mencari $100 per bulan… atau per minggu ??? Perlu mikir 7 keliling hehe…

    Sukses dengan angka 100 nya.. dan kalo gga salah sama persis dengan endangkusman.wordpress.com sudah 100 juga.

  14. Usup Supriyadi mengatakan:

    alhamdulillah😉

  15. jumialely mengatakan:

    fakta seratus lainnya adalah, bahwa di dalam adat budaya Suku Batak Karo, bahwa seseorang yang sudah meninggal, pada hari ke 100 dilakukan perayaan berduka dengan nama Rendem, artinya masa berkabung 100 hari

    huruf d adalah ASCII 100, dan 100 adalah kebalikan dari SLI 001😀

  16. Dangstars mengatakan:

    Selamat mas dengan postingannya yang keseratus… 😛

  17. Dangstars mengatakan:

    Berarti dah seratus ilmu yang dibagikan,,,

  18. Dangstars mengatakan:

    Salam hangat dan sukses selalu Mas Sedjatee

  19. darahbiroe mengatakan:

    wahhh
    udah menelurkan 100 buah artikel yaw
    hehhee
    terus mangat
    salam

  20. rose mengatakan:

    semoga abang semakin bersemangat tuk mengelola blog ini ya

  21. sunflo mengatakan:

    100?? d KSA tertulis KSA 100 years… dan aq bingung … apa itu artinya?? mungkin 1 abad bersatunya jazirah arab di bawah KSA kali..

  22. citromduro mengatakan:

    wah mantab kang
    sudah posting yang ke 100
    selamat berkarya dan terus berkarya

    salam dari pamekasan madura

  23. Kaka Akin mengatakan:

    Selamat ya… udah seratus postingan🙂
    Banyak juga ya hal yang berkaitan dengan angka 100 ini😀

  24. sangsaka mengatakan:

    wawwww… mantap surantabbb… saya mah boro2 seratus posting… gocap aja susahnya minta ampyun….

    lanjutkan kawannnnn

  25. botjah mengatakan:

    Trik Menyusun Angka 100

    Effects : Anda berhasil membuat operasi matematika dari angka 123456789 yang menghasilkan angka 100

    Prosedur:

    1. Tulislah angka 123456789. Katakan bahwa ada banyak keajaiban yang bisa dihasilkan dari angka-angka tersebut.

    2. Beritahu para penonton bahwa 100 adalah angka sempurna. Dengan menggunakan kekuatan otak kiri dan kanan anda secara sempurna, anda bisa menghasilkan banyak operasi matematika dari angka tersebut yang menghasilkan angka sempurna (100)

    3. Beraktinglah seolah-olah anda sedang berpikir keras, dan tulislah operasi matematika berikut ini :

    1. 123+45-67+8-9 =100
    2. 123+4-5+67-89 =100
    3 . 123+4×5-6×7+8-9 =100
    4 . 123-45-67+89 =100
    5. 123-4-5-6-7+8-9 =100
    6. 12+34+5×6+7+8+9 =100
    7. 12+34-5+6×7+8+9 =100
    8. 12+34-5-6+7×8+9 =100
    9. 12+34-5-6-7+8×9 =100
    10. 12+3+4+5-6-7+89 =100

    Makna Permainan:
    Di dalam hidup ini, ada banyak jalan untuk menuju kesempurnaan. Semuanya tak bisa diraih dengan mudah, diperlukan suatu proses yang sangat sulit untuk mencapainya.

  26. nuun mengatakan:

    seratus, berarti juga mmm…apa ya??? hihihi bingung

  27. dwiewulan mengatakan:

    waah nemu aja ide untuk membahas sesuatu hall..topbgt

    yg ku inget kalo 100 tuh”’ sering di ributin politisi dan masyarakat ke presiden atau pejabat baru ” 100 hari pertama”…. :-p

  28. gerenths mengatakan:

    Di dalam dunia sepakbola ada istilah Klub 100 yang berisi pemain yang telah mencetak 100 gol dalam satu Liga atau kejuaraan, misalnya Klub 100 Premier League atau Klub 100 Liga Champion.
    Di lapangan hijau, angka ini punya segudang makna bagi yang menjalaninya. Angka 100 telah menjadi jumlah permainan istimewa yang secara tak resmi diakui dunia sepak bola.
    Pemain yang terpilih di tim nasional adalah pemain pilihan dari ratusan pemain profesional kompetisi tingkat atas. Jadi, bila berhasil mencapai jumlah seratus kali bermain, pemain itu tentulah seorang pemain istimewa, apalagi bila bisa melampauinya.

    Gara-gara angka 100, pengusaha Indonesia dan Singapura berebut merek “100”
    Persisnya akhir Maret 2009 lalu, Harry mendaftarkan gugatan pembatalan merek 100 Power dan 100 Plus Power milik Fraser and Neave Limited. Harry memerkarakan perusahaan asal Singapura itu lantaran merasa merek miliknya, yaitu 100, ditiru. Perusahaan yang bermarkas di Alexandra Road, Singapura, itu dituding telah mendaftarkan merek yang memiliki kemiripan dengan merek miliknya.

    Tahun ini Nintendo berhasil mengapalkan 100 juta Nintedo DS ke seluruh penjuru dunia. Angka tersebut merupakan gabungan antara penjualan Nintendo DS original, DS Lite, dan DSi. sumber disini

    Tahun ini, ekspor mobil akan menembus 100 ribu unit!

    MSG atau Monosodium Glutamat ditemukan oleh Dr. Ikeda 100 tahun yang lalu

    Jembatan Suramadu di rancang untuk tahan sampai 100 tahun!

    Di Jepang ada toko bernama Hyaku En Shop karena semua harga barang-barangnya sama, bernilai ¥100, mulai dari produk China sampai produk Jepang sendiri, mulai dari gunting kuku, sumpit, hingga CD musik klasik Mozart dan Bethoven.

    Di Batam berdiri mall dg nama “Plaza Top 100”

    dan 100 = cepe deh

  29. didot mengatakan:

    saya selalu ingat pak ogah di film unyil jika ada yg ngomongin seratus alias cepek… “cepek dulu dong…” ,mungkin kalau masih ada pak ogah akan ngomong ceceng (seribu) dulu dong,jaman sekarang cepek udah gak dapet apa2 kecuali permen ,kira2 seharga jigo (25 perak) di jaman pak ogah ngomong itu hehehehe😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: