Kenangan Pada Sebuah Nama

18

Mei 25, 2010 oleh sedjatee


Apabila sesuatu yang dinikmati seseorang lalu memunculkan sifat adiktif itu disebut candu, maka bagi saya wayang adalah candu. Jika harus memilih karya-karya fiksi paling menarik untuk dibaca, maka cerita-cerita wayang akan menjadi jawaban pertama saya. Demikian halnya dengan file-file MP3 wayang kulit sebagai hiburan favorit telinga saya. Bacaan wayang adalah materi belajar membaca saya sebelum memasuki bangku sekolah, dan tembang mocopat adalah pelajaran menyanyi pertama sebelum saya mengenal lagu-lagu bocah yang lain. Namun saya tak yakin bahwa dua hal itu yang membuat saya kecanduan wayang.

Boleh jadi, saya tak akan segila ini terhadap wayang jika bukan suara beliau yang saya dengar setiap malam dari radio portabel di kamar ayah. Vokal beliau sangat khas dan berwatak. Hanya dari “logat”-nya, kita bisa menebak tokoh yang sedang berbicara. Lebih dari itu semua, gaya mendalang beliau yang segar dan jenaka menjadi magnet tersendiri bagi saya, penikmat wayang kelompok muda generasi akhir 80an. Beliau mahir menyisipkan humor pada setiap adegan khususnya melalui tokoh-tokoh yang sering beliau ”kerjain” semisal Pandhita Durna, Patih Sengkuni, Burisrowo, para kurawa celelekan seperti Durmagati dan Dursasana, dan panakawan sabrang Ki Lurah Togog dan Ki Lurah Mbilung.

Bila kelucuan adegan wayang hanya pada episode Goro-goro yang menampilkan Semar dan kompatriotnya, itu adalah lumrah. Tetapi jika wayang-wayang berkarakter serius semacam Kresna, Puntadewa, Bima atau Baladewa bisa melontarkan banyolan, maka sanjunglah dalang yang meng”hidup”kan mereka. Tak hanya itu, tokoh sakral sekaliber Bathara Guru dan Bathara Narada pun sesekali juga tampil “gaul” di tangan beliau. Pada sisi inilah kreatifitas beliau, oleh beberapa fihak, dianggap sebagai dekarakterisasi.

Beliau mendalang sesuai pakem, sama dengan para konservatif lainnya. “Dalam soal lakon, kalau memainkan lakon-lakon babonan saya selalu sama persis dengan apa yang ada di pakem lakon. Tetapi kalau memainkan cerita-cerita carangan, saya memang banyak menafsirkan sendiri dan saya sesuaikan dengan situasi dan kondisi sewaktu saya mendalang” demikian menurut beliau. Bagi saya, gaya ini bukanlah suatu proses dekarakterisasi, justru kepiawaian beliau ini adalah sebuah loncatan gaya mendalang yang bervisi jauh maju ke depan.

Visi beliau terbukti dari kemampuannya mengemas wayang sebagai sebuah tontonan sekaligus tuntunan. Tontonan (entertainment) ketika tampilan wayang memberi daya tarik dan menghibur pemirsanya, namun juga tuntunan (education) ketika kisah wayang mentransfer nilai budaya, filosofi, etika dan moral tanpa kesan menggurui. Pun tatkala popularitas beliau telah melampaui sekat-sekat geografis dan segmentasi budaya, beliau tetap konsisten dengan gaya beliau yang pakem, segar dan berbobot. Beliau tidak pernah terpeleset pada tren yang hanya menyajikan hiburan semata dimana tontonan wayang kering dari tuntunan nilai hidup.

Di masa remaja saya, tak banyak teman seusia yang memiliki interes terhadap wayang. Kalaupun ada sedikit yang suka, maka dapat dipastikan karena magnet gaya mendalang Sang Maestro, dalang yang suaranya selalu terdengar dari radio portabel di rumah saya. Kini, suara khas itu tetap ada di langit-langit hati pecintanya kendati si pemilik suara telah lama meninggalkan dunianya. “Kabeh janma yen wis teka titi wanci bakal tumekaning pati, marak sowan marang Sang Murbeng Dumadi” demikian sering beliau ucapkan dalam setiap pertunjukan.

Meski artefak peninggalan beliau tetap terjaga rapi dalam keping-keping CD dan VCD, rasa kehilangan tetap terasa setelah wafatnya beliau. Bila UNESCO telah menetapkan wayang sebagai warisan budaya Indonesia, maka beliau adalah garda depan penjaga warisan adiluhung itu, sebuah warisan yang kini ditinggalkan.Ya, pada 30 Besar 1940 tahun Jawa, beliau mangkat dalam usia 67, dan dimakamkan 1 Suro 1941 tahun Jawa pada sebuah pusara sederhana dengan satu nisan bertuliskan sebuah nama: Ki Hadi Sugito.

sumber gambar : photobucket.com dan wayangprabu.wordpress.com

18 thoughts on “Kenangan Pada Sebuah Nama

  1. bundamahes mengatakan:

    PERTAMAX!
    teungarti euy!🙂

  2. Ngabehi mengatakan:

    podo mas, beliau juga dalang favoritku setelah mbah Timbul. Salah satu ciri kas Ki Hadi SUgito yang paling aku sukai adalah saat memainkan tokoh pendito durno dan sengkuni, kedua tokoh ini akan ramai dan bisa mengocok perut bila dimainkan beliau.Apalagi kalau sang Durna ketemu R. Sencaki…, wah kita bakalan tertawa sampai ngleset2…

  3. camera cell phone mengatakan:

    keren mas irtikelnya…
    makasih…

  4. wawansri mengatakan:

    jd inget dulu waktu kecil…
    pernah koleksi wayang kardus.. 🙂

  5. dwiewulan mengatakan:

    wahh jadi inget, waktu kecil bacaan favorit dan wajib dari TK s.d SD adalah komik wayang , dulu inget dan paham bener nama nama dan cerita nya …
    hmmm jadi nyadar… banyak yg telah kulupakan… ada klu biar bisa merefreshnya kah ???

  6. Delia mengatakan:

    Peninggalan beliau sungguh luar bisa..
    kita sangat bersyukur wayang diakui dunia…
    tidak dicomot lagi ama bangsa lain…

    artikel ini menambah pengetahuan lia tentang wayang…. abis lia emang sangat minim info mengenai wayang mas😦

    makasih

  7. Hajier mengatakan:

    Kalo saya paham bahasa yang diucapkan dalang, mungkin saya akan suka mas….
    Walau saya orang jawa, tapi lahirnya di sumatera, jadi gak paham dengan bahasa yang digunakan dalang, pahamnya cuma dikit-dikit…

  8. elmubarok mengatakan:

    pecinta seni wayang ya kak..
    el juga suka wayang kok
    tp wayang golek, el kan orang sunda heheheh…

    salam blogger

  9. elmubarok mengatakan:

    stuju bgt… sebagai pecinta seni budaya saya merasa wayang merupakan salah satu kesenian yang mengandung nilai budaya, filosofi, etika dan moral yang sangat luar bisa,, cuma sayang perubahan zaman seolah menganak tirikan kesenian yang mengandung nilai tinggi ini..
    moga-moga wayang akan kembali memasyarakat

    maaf el jarang ol, msh da kerjaan darat.. heheheh

  10. wardoyo mengatakan:

    Satu lagi generasi penjaga warisan leluhur … wayang.
    Salut bung sedjatee. Ane sendiri suka menonton wayang – waktu masih sempat, hehehe – tapi sulit sekali menyempatkan diri duduk menonton pagelaran saat ini.
    Salam wayang.

  11. kanglurik mengatakan:

    Wah malu ini pak sedjatee,
    anak muda seperti kanglurik ini hanya segelintir saja yang suka dan paham tentang wayang.
    Masa kecil hampir tidak pernah diajak nonton wayang jadi mungkin sampai sekarang interestnya kurang…

    Maju Terus pak….

  12. sangperempuan mengatakan:

    wayang menarik pada nilai dibalik cerita…

  13. Usup Supriyadi mengatakan:

    Saya sendiri penyuka wayang, tidak hanya wayang golek, tapi juga wayang kulit. keduanya mengajarkan makna hidup, tidak sekadar hiburan semata. saya salut dengan para dalang, mereka itu benar-benar piawai. sayangnya saya malah dikatain norak hanya karena waktu malam, kawan-kawan sms, “lagi ngapain?” saya bilang, nonton wayang. ya, begitulah realita generasi muda sekarang ini. saya kira jika terus dikembangkan, sebagaimana yang diriwayatkan bahwa ada wali yang menggunakan media wayang sebagai dakwah, maka sekarang pun masih relevan sebenarnya….sangat dirindukan dalang yang da’i…..😉

  14. Kakaakin mengatakan:

    Hmm… menurut saya bakalan bagus banget bila pertunjukan wayang selalu memuat nilai2 positif tentang kehidupan, sperti yang dilakukan beliau, karena spertinya setiap pertunjukan wayang selalu ditonton oleh ratusan orang selama berjam-jam😀

  15. sunflo mengatakan:

    aq dulu juga punya beberapa tokoh wayang dari kardus yang kubeli di pasar waktu lebaran dulu mr, waktu masih keciil…^^

  16. ratansolomj9 mengatakan:

    Cerita wayang memang inspiratif. Tokoh wayang yang konon berjumlah seribu, dengan karakter masing-masing adalah mewakili kehidupan individu manusia.kadang kita menjadi Buta (raksasa) saat mengedepankan nafsu amarah dan aluamah.Namun kita juga bisa menjadi satriya bila berbuat baik terhadap sesama.
    Wayang memang Oke …
    Salam hangat dari Solo

  17. Didiek Koesz mengatakan:

    cuman sekarang susah cari tontonan wayang.. apalagi ditempat saya. (Kalimantan)
    Padahal saya pecinta wayang. Mohon info klo ada blog tentang wayang n cerita pewayangan.
    Sampun ngantos tiyang jawa ilang jawinipun.

  18. prastabuddy mengatakan:

    Mohon ijin ngopi foto gambar wayangnya. matursuwun

Tinggalkan Balasan

