Pertamax, Gan..!

49

Januari 4, 2011 oleh sedjatee

Bagi yang memperhatikan perangai khalayak dunia maya, kata-kata pada judul diatas termasuk yang lazim dipakai untuk bertukar komentar, khususnya komentar pertama dari sebuah tulisan. Kali ini saya memakai idiom tersebut, setidaknya menjadi simbolisme tulisan ini sebagai yang pertama di tahun 2011 yang penuh harapan. Pertamax, Gan..!

Tahun berganti. Berbagai harapan dilambungkan. Optimisme pada perubahan yang lebih baik tercermin dari histeria selebrasi pergantian tahun yang selalu meriah. Pun pergantian tahun yang baru saja dijalani. Kemeriahan tercipta di semua sudut dunia, juga di kampung-kampung kita yang beberapa diantaranya masih merana. Setiap tahun baru, dalam kondisi bagaimanapun, lebih identik dengan tawa dan ungkapan rasa bahagia.

Kalaupun ada yang tak terlalu bergairah menyambut pergantian tahun, mungkin saya salah satunya. Adapun biang keroknya adalah rumor pembatasan premium yang menurut kabar burung dan kabar ayam akan mulai dieksekusi pada awal tahun 2011. Mimpi buruk sebenarnya telah dimulai sejak gagasan pembatasan bensin dihembuskan kalangan istana pada medio tahun 2010. Namun rupanya segala macam dukun, tabib, pawang dan tukang santet tak sanggup mengubah arah kebijakan fiskal yang satu ini. Subsidi BBM harus ditekan, salah satunya dengan membatasi pemakaian bahan bakar bersubsidi bernama premium yang menjadi nafas kendaraanku setiap hari.

Well, pemerintah bermaksud membatasi pemakaian premium untuk mobil pribadi termasuk mobil pelat merah. Mengapa pemerintah sampai kalap hingga membatasi pemakaian premium? Usut punya usut, binatang langka bernama premium ini termasuk spesies bahan bakar bersubsidi. Harga yang 4500 seliter, pada hakekatnya murah karena subsidi. Menurut catatan tukang ramal togel, besarnya subsidi BBM pada tahun 2010 nyaris mencapai angka 100 triliun. Adapun menurut obrolan para pemulung, pemakaian premium sampai Desember 2010 mencapai 36juta kilo liter. Angka itu terdistribusi paling banyak ke mobil pribadi yakni sebesar 53 persen, menyusul sepeda motor 40 persen, angkutan umum 3 persen, dan angkutan barang 4 persen.

Kalangan berotak encer memaklumi langkah yang ditempuh pemerintah untuk menekan subsidi BBM. Nantinya premium hanya boleh digunakan diantaranya oleh kendaraan umum pelat kuning, roda dua dan nelayan. Toh, selama ini subsidi BBM (yang notabene banyak dinikmati kalangan borjuis) dirasa terlalu besar dibanding subsidi pangan rakyat miskin yaitu raskin. Pemerintah sudah menyusun Rancangan Peraturan Presiden (Perpres) soal pembatasan konsumsi BBM subsidi untuk diberlakukan di awal April 2011.

Yang membuat perut sedikit mual barangkali adalah ramalan tukang cabe yang memprediksi harga minyak dunia akan terus melambung hingga US$100 per barel. Jika itu benar terjadi, maka penjual bensin eceran akan membeli pertamax dari pom bensin senilai Rp. 8500 perliter. Lantas berapa anggaran rumah tangga kita untuk sebuah kata pertamax? Atau, akankah kita menjadi sopir angkot alias menukar mobil kita menjadi angkot demi menghindari kata pertamax? Sebuah mimpi buruk yang menjadi nyata bagi para pengguna premium.

Tahun telah berubah. Harapan terus dilambungkan. Namun apa daya, keputusan pemerintah telah bulat. Kita rakyat jelata hanya pantas menaati dengan sepenuh hati. Bila tak ada aral melintang, bila matahari belum terbit dari barat, April nanti kita akan seperti biasa membawa mobil kita yang nyaris kehabisan nafas ke SPBU-SPBU. Cuma bedanya, nanti kita akan berkata jujur, dengan kedua tangan dan kaki kita serta petugas SPBU sebagai saksi, mulut kita akan berbunyi: “Pertamax, Gan..!”

sumber gambar: archieve.kaskus.us ; iwanbanaran.wordpress.com ; schaid.multiply.com

49 thoughts on “Pertamax, Gan..!

  1. MENONE mengatakan:

    pertamax ya gan hehehehehehhee………..waaaahhhh bangga nich menone pas bgt

  2. HA;LAMAN PUTIH mengatakan:

    Pertamax dah habis…

    Jumlah pemakai sepeda motor akan makin banyak kalau pembatasan premium jadi dilaksanakan. Lihat aja Jakarta, rasanya jalanan juga sudah dipenuhi pengendara sepeda motor.

  3. wits mengatakan:

    klo menurutku semua kebijakan pemerintah saat ini selalu tak efektif. Iya, niatnya pertamax untuk mobil pribadi, subsidi dikurangi mengingat justru banyak golongan borju yg menikmati subsidi bbm tersebut, tp (maaf), itu kan menurut pemikiran pemerintah, tp realita di lapangan, apa seperti itu, apa semuanya efektif?justru hanya mencekik rakyat, semua serba mahal..

  4. alamendah mengatakan:

    gagal (Maaf) izin mengamankan PERTAMAX dulu. Boleh, kan?! deh. Btw, yang penting tetap optimis di tahun baru semoga apapun yang terjadi, semua makin baik.

  5. tutorial blogging mengatakan:

    pertamax lewat kelimax masih ada ;))

  6. fitr4y mengatakan:

    sapa nh yg menggagalkan PERTAMAXXX qu ???

    salam pertamaxxx mas😉

  7. Goyang Karawang mengatakan:

    kalo dipikir2… sebanyak2nya minyak bumi tersimpan diperut bumi akan cepet habis juga ketika pemakaiannya terus meningkat.. dan kini memang terjadi pola konsumsi yang cenderung boros.. banyak bensin terbuang karena faktor gengsi, hiburan dsb.. gengsi pake mobil dan kendaraan pribadi.. padahal kalo semuanya sadar untuk menggunakan angkutan umum saya rasa bbm bisa dihemat dan harga mungkin bisa stabil pada akhirnya

  8. sedjatee mengatakan:

    bener Kang… mari kita kembali pada kehidupan yang lebih ramah pada alam semesta. mari kita perlakukan alam secara lebih bijak dan beradab.. thanks kunjungannya… salam sukses.

    sedj

  9. julicavero mengatakan:

    tunggu….tunggu..ini maksudnya pertamax minyak atau pertamax komeng???

  10. Penghuni 60 mengatakan:

    semoga tahun ini akan menjadi lebih baik lg ya…

  11. Dangstars mengatakan:

    Wah bahas pertamax nih..

  12. Dangstars mengatakan:

    Salam Pertamaaxxxzz Mas..

  13. ratansolomj9 mengatakan:

    Setiap kebijakan, kayaknya selalu berdampak negatif bagi wong cilik …
    Seperti saya, kalau kehabisan Pertamax ya terpaksa pakai bensin campur (Bensin campur surung) …🙂

  14. iam mengatakan:

    Gila2an deh emg pemerintahan kita. Naikin harga seenak jidatnya. Kacau dah >,<

  15. info[dot]com mengatakan:

    bismillah…semoga dengan berbagai kenaikan harga akibat kebijakan yang mungkin tidak sesuai dengan harapan hati rakyat, rakyat masih bisa tercukupi segala kebutuhannya…dengan keberkahan dan rejeki yang tidak disangka-sangka

  16. info[dot]com mengatakan:

    Bismillah…semoga dengan kenaikan berbagai bahan kebutuhan pokok, yang diakibatkan oleh kebijakan pemerintah yang mungkin tidak sesuai dengan maksud hati rakyat…rakyat masih bisa tercukupi segala kebutuhanya, dengan keberkahan dan rejeki yang tidak disangka-sangka

  17. PusKel mengatakan:

    Sebaiknya kebijakan ini disosialisasikan terus agar bisa berjalan efektif dan efisien.

  18. Danu Akbar mengatakan:

    wah… saya gak dapet pertamax nih. hehe.
    apapun keputusannya ini juga tergantung dari rakyatnya. Kalo rakyatnya cenderung boros, ya sama aja. Saya kira cara yang diberi pemerintah belum terlalu efektif. ini terlalu memberatkan banyak pihak. Ya.. tapi kita liat aja dulu deh.

  19. Ade Truna mengatakan:

    ngomong2 apakabar pembangunan gedung DPR RI? Maju terus Indonesia naik sepeda yuuuuk?!

    • sedjatee mengatakan:

      iya Bang…
      gedung dewan bakal lengkap ada tempat pijat dan spa
      biar anggotanya gak pada pijat plus di panti pijat
      hehehe… thanks kunjungannya, salam sukses..

      sedj

  20. Masbro mengatakan:

    Sepertinya saya sependapat dengan komentar ajakan mas Ade Truna , naek sepeda yuk..hehe..

  21. lozz akbar mengatakan:

    hem harusnya ini bisa menjadi tantangan buat para ilmuwan kita untuk menemukan kendaraan berbahan bakar alternatif… seandainya sampah bisa bahan bakat, wuih enak pasti yo

  22. Ifan Jayadi mengatakan:

    Semoga kebijakan pemerintah di masa mendatang bisa lebih berpihak kepada rakyat kecil. Dan juga berharap bisa ditemukan alternatif bahan bakar yang lenih aramah lingkungan

  23. fitrimelinda mengatakan:

    semoga harga minya dunia turun..nyiksa banget..

  24. kang ian dot com mengatakan:

    saya mah tetep premium walo bilangya pertamax gan hahaha

  25. Runa Van Error mengatakan:

    Wah kaskus gan hahaha

  26. ya mungkin sudah waktnya kita menggunakan bensin pertamax.
    kasihan orang kecil yang makai bensin premium. kasihan kehabisan.😀

  27. Kakaakin mengatakan:

    Sebenarnya saya ingin mulai beralih ke pertamax, gan… tapi belum semua spbu jualan pertamax😦
    Jadi sekarang enjoy dengan yang bersubsidi dulu, tanpa memikirkan harga cabe yang melambung, maklum, saya gak terlalu suka makan banyak cabe😀

  28. luvyta mengatakan:

    kan premium naik nanti pertamax diturunkan…
    lebih irit tuh kayaknya😛
    (ngarep mode.on)

  29. melly mengatakan:

    Semangat gan..
    semoga BBM gak jadi naik😀

  30. Easy Speak mengatakan:

    GOOD NEWS!!!

    A Fast Growing National English Language Consultant is hunting for :

    1. ENGLISH TUTORS

    Qualifications:

    1. Competent, experienced, or fresh graduate
    2. Proficient in English both spoken & written
    3. Friendly, Communicative, & Creative

    Placement :
    => Batam – Balikpapan – Samarinda – Makassar – Pekanbaru – Medan

    Send you resume to : easyspeak.hunting@gmail.com as soon as possible.

    Visit http://www.easyspeak.co.id for further information.

    2. COURSE ADVISOR (MARKETING)

    Qualifications:

    1. Communicative, Persuasive, Creative
    2. Having Experience
    3. Able to work full time

    Placement :
    => Batam – Balikpapan – Samarinda – Makassar – Pekanbaru – Medan

    Send you resume to : easyspeak.hunting@gmail.com as soon as possible.

    Visit http://www.easyspeak.co.id for further information.

    3. STAF ADMIN

    KUALIFIKASI DAN PERSYARATAN
    Bisa computer ( Msoft word dan exel )
    Bisa bahasa inggris ( pasif )
    Friendly personality
    Communicative and creative
    Bisa bekerja full day

    EMPLOYMENT BENEFITS
    Berpenghasilan menarik
    Pegawai tetap
    career
    Mendapat tunjangan JAMSOSTEK

    Kirim lamaran anda ke
    Jl. HOs Cokroaminoto No. 66 Block b, c, d Denpasar Bali
    Telp: 0361-422335

    Atau kirim ke
    easyspeak.recruitment@gmail.com

    4. FRONT OFFICER

    KUALIFIKASI DAN PERSYARATAN
    Bisa computer ( Msoft word dan exel )
    Bisa bahasa inggris ( pasif )
    Berpenampilan menarik
    Friendly personality
    Communicative and creative
    Bisa bekerja full day

    EMPLOYMENT BENEFITS
    Berpenghasilan menarik
    Pegawai tetap
    career
    Mendapat tunjangan JAMSOSTEK

    Kirim lamaran anda ke
    Gedung Graha Pena Lt. 5 Sute 510
    Jl. Raya Batam Centre
    telp: (0778) 460785
    Batam

    dan

    Jl. HOs Cokroaminoto No. 66 Block b, c, d Denpasar Bali
    Telp: 0361-422335
    Denpasar – Bali
    Atau kirim ke
    easyspeak.recruitment@gmail.com

  31. achoey el haris mengatakan:

    Saya jarang pertamax
    baik di komen blog mau pun bensin beneran😀

  32. TUKANG CoLoNG mengatakan:

    belanda kok bisa ya rakyatnya banyak pake sepeda..

  33. lyna riyanto mengatakan:

    jika dilihat dari data prosentase pemakai bbm bersubsidi,maka kebijakan tersebut punya niat yg baik,tp pemerintah sedikit lupa pemilik mobil pribadi khan bermacam2,tdk semua punya mobil mewah,begitu juga dg sepeda motor,kalau saja bisa dibuat aturan yg lebih detil,bedakan lagi dg jenisi/harga kendaraan atau tentukan dr tahun kendaraan.
    jika mmg ingin membantu rakyat kecil kenapa tdk dilakukan pembatasan jumlah kepemilikan kendaraan mewah? Atau tetapkan pajak kendaraan mewah setinggi2nya.
    Dalam hal ini saya masih melihat pemerintah mmg berusaha membantu rakyat kecil tetapi tetap mengutamakan kepentingan org2 kaya(diri mereka sendiri)

  34. r10 mengatakan:

    saya bukan orang kaya, tapi saya memakai pertamax untuk honda beat saya, alasannya sederhana, pakai premium honda beat saja suka mogok ditengah jalan

    >,<'

  35. sikapsamin mengatakan:

    Lha…aku sdh ke-39max, kalau disubsidi bisa menjadi berapa-max?

    Mbuhlah…kayaknya ‘pokok’é’ subsidi BBM ditekan tapi SUBSIDI DARI PARA TKI HRS DITINGKATKAN…ARTINYA HARGA TKI HARUS MAKIN MURAAAHHH..!!!

    Bagong akhirnya ngomel :

    “MERDEKA KI RAMPUNGÉ KAPAN TO YOO??

    • sedjatee mengatakan:

      setuju Kang Samin, subsidi BBM boleh dicabut. tapi perbaiki subsidi pupuk dan beras. rakyat kecil lebih berhak atas subsidi. bukan kalangan bermobil saja yg disubsidi.

  36. Masjid Kita mengatakan:

    manut manut tanda bingung sementara😦

  37. @helgaindra mengatakan:

    harga pertamax katanya mau naik ya?
    beneran itu?

  38. reedai313 mengatakan:

    kalo ane dah berazzam..
    motor baru, bahan bakar baru..
    “PERTAMAX, agak malu Om make subsidi mulu..”🙂

  39. pujohari mengatakan:

    1. Sudah sejak di jakarta saya pake pertamax, karena mengikuti advice prefesional bengkel pinggir jalan –> harusnya pemerintah berterima kasih tuh ke bengkel.

    2. Semoga kenaikan gaji bisa mengimbangi kenaikan harga pertamax.

    3. Mulai pekan depan, saya pindah ke moda angkutan umum yaitu bus Jakarta-cimahi

    _*Ketika Presiden Kalah di Pengadilan*_ di http://maknasahabat.wordpress.com

  40. nitnot96 mengatakan:

    beneran bakalan nguras kantong nie … dipaksa pake pertamax…😦

  41. miftah mengatakan:

    gak dapat pertamax asal tetep di pageone

    salam semangat pak

  42. budi anduk mengatakan:

    ane pertamax lover gan..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: