Ayo Masuk Penjara

51

Januari 20, 2011 oleh sedjatee

Saya membaca kisah Kanjeng Nabi Yusuf di kitab suci. Ia menolak rayuan wanita-wanita istana dan memilih berada di dalam penjara. Ia berada di penjara karena pilihannya sendiri, ia tidak melakukan maksiyat apapun yang menggiringnya ke penjara. Di dalam penjara itulah akhirnya ia membuktikan dirinya benar. Ia menakwilkan mimpi atas petunjuk Tuhan, inilah yang kemudian membawanya pada satu kedudukan yang sangat mulia.

Yusuf bisa melakukan hal yang sepertinya tak mungkin. Namun demikianlah faktanya, penjara hanya mengurung jasadnya, sedangkan jiwanya tetap bebas merdeka. Tak hanya kisah Yusuf, banyak catatan sejarah terlahir dari kehidupan di dalam penjara. Ayatullah Khomeini memimpin revolusi Iran dari dalam penjara melawan Rezim Pahlevi, dan berhasil. Buya HAMKA menulis tafsir Al Azhar juga di dalam penjara, dan tuntas. Pram menulis banyak buku di dalam penjara, dan itu meraih banyak penghargaan. Nurdin Halid tetap memimpin PSSI meski mendekam di penjara, namun jangankan ketika dipenjara, ketika ia bebas pun PSSI tetap hampa prestasi.

Lantas kita bertanya, seperti apakah gerangan yang bernama penjara? Saya tetap meyakini bahwa penjara adalah tempat yang tak nyaman. Ia dibikin untuk menjadikan jera para penghuninya. Dan demikian adanya sejauh yang kita ketahui. Penjara Bastille kebanggaan Raja Louis XVI adalah simbol tirani. Bangunan yang dibangun sebagai benteng pada tahun 1370 ini difungsikan sebagai penjara musuh-musuh politik penguasa Perancis pada abad 17 dan 18. Revolusi Perancis pada 1789 ditandai dengan serangan ke penjara ini pada 14 Juli, yang kini selalu diperingati sebagai Bastille Day.

Paman Sam punya penjara Alcatraz. Terletak di tengah teluk San Fransisco menghadap ganasnya ombak Pasifik. Para pesakitan hanya dihibur oleh camar laut yang sombong, sesombong para sipirnya. Setidaknya tercatat seorang gembong narkotik sekelas Al Capone bertekuk lutut disana dan mati dalam derita siphilis yang menyiksa. Selain itu Amerika masih punya teluk Guantanamo sebagai neraka alternatif yang terletak di laut Karibia. Penjara ini tersohor sebagai tempat para tawanan perang Panama dan Kuba. Konon sekarang pesakitan Al Qaeda dan Taliban menunggu maut disana dengan rangkaian vandalisme yang melampaui akal sehat.

Beberapa tulisan tokoh Ikhwanul Muslimun juga mengisahkan buruknya penjara Liman Turrah, dimana mereka dipenjara oleh Rezim Abdul Nasser setelah makar yang gagal. Di dalam sel, mereka mengisi hari-hari dengan bergaul bersama anjing-anjing tahanan. Sedangkan di negeri 1001 malam, Saddam Husein memiliki Penjara Abu Ghuraib untuk memberi pelajaran sadis bagi lawan politiknya. Yang berkesempatan masuk kesana, biasanya akan keluar dalam kemasan peti jenazah.

Namun ada sebuah paradoks tentang penjara pada sebuah negeri. Konon di negeri itu penjara telah dipenuhi para bajingan. Di negeri itu penjara adalah pasar narkoba. Orang-orang beken dikurung dalam ruangan fasilitas bintang lima. Di negeri itu tahanan bisa keluar penjara, lalu plesiran kemana-mana. Di negeri itu penjara terkadang menjadi lahan cari duit sipir-sipirnya. Tukar-menukar alias joki tahanan adalah hal biasa. Itulah penjara di negeri yang sulit dipercaya. Para penegak hukumnya saling bersengketa. Aparatnya terkadang bertindak semena-mena.

Di sebuah koran, tampillah wajah koruptor yang (seharusnya) dipenjara. Kemarin ia melacong ke manca negara. Berfoto, berjalan-jalan, berpesiar, berbelanja dengan anak bininya. Di foto itu ia pakai kolor saja dan bertelanjang dada. Senyumnya menyeringai seolah-olah mengejek kita semua dan berkata “Ayo Masuk Penjara”.

gambar penjara bastille saat revolusi perancis diambil dari providingnews.com

51 thoughts on “Ayo Masuk Penjara

  1. Bang Aswi mengatakan:

    Jadi kepengen masuk penjara kalau faktanya seperti Gayus. Beberapa malah bisa kreatif (menulis buku) ketika dalam penjara. Tapi semoga kita bisa memanfaatkan waktu di luar penjara dengan baik ^_^

  2. sedjatee mengatakan:

    sama-sama Bang… insyaAllah
    sekeren apapun suasana penjara
    kita pilih diluarnya ajah
    salam sukses..

    sedj

  3. yusuf mengatakan:

    Kalo penjaranya orang kaya apalagi para koruptor tentu semua pada pingin masuk tapi saya enggak🙂,
    tapi kalo penjaranya maling ayam atau maling semangka tentu pada kabur semua.

  4. alamendah mengatakan:

    (Maaf) izin mengamankan KEEMPAX dulu. Boleh, kan?!
    Saya tetep pilih di luar penjara saja.

  5. achoey el haris mengatakan:

    banyak pejuang yg berjuang meski berada di balik penjara
    mereka orang2 berkualitas

    Lama tak ngeblog nih saya😀

    • 00 rupiah mengatakan:

      iya..benar sekali kata mas achoey.
      banyak juga para pejuang yang semasa hidupnya menjadi kurang begitu menyenangkan dan banyak juga para orang-orang yang hidupnya serba berlebihan dan mereka tidak begitu mengerti dan menghargai hasil kerja keras para pejuang.
      prosperous and successful greeting always

  6. Easy Speak mengatakan:

    GOOD NEWS!!!

    A Fast Growing National English Language Consultant is hunting for :

    1. ENGLISH TUTORS

    Qualifications:

    1. Competent, experienced, or fresh graduate
    2. Proficient in English both spoken & written
    3. Friendly, Communicative, & Creative

    Placement :
    => Batam – Balikpapan – Samarinda – Makassar – Pekanbaru – Medan

    Send you resume to : easyspeak.hunting@gmail.com as soon as possible.

    Visit http://www.easyspeak.co.id for further information.

    2. COURSE ADVISOR (MARKETING)

    Qualifications:

    1. Communicative, Persuasive, Creative
    2. Having Experience
    3. Able to work full time

    Placement :
    => Batam – Balikpapan – Samarinda – Makassar – Pekanbaru – Medan

    Send you resume to : easyspeak.hunting@gmail.com as soon as possible.

    Visit http://www.easyspeak.co.id for further information.

    3. STAF ADMIN

    KUALIFIKASI DAN PERSYARATAN
    Bisa computer ( Msoft word dan exel )
    Bisa bahasa inggris ( pasif )
    Friendly personality
    Communicative and creative
    Bisa bekerja full day

    EMPLOYMENT BENEFITS
    Berpenghasilan menarik
    Pegawai tetap
    career
    Mendapat tunjangan JAMSOSTEK

    Kirim lamaran anda ke
    Jl. HOs Cokroaminoto No. 66 Block b, c, d Denpasar Bali
    Telp: 0361-422335

    Atau kirim ke
    easyspeak.recruitment@gmail.com

    4. FRONT OFFICER

    KUALIFIKASI DAN PERSYARATAN
    Bisa computer ( Msoft word dan exel )
    Bisa bahasa inggris ( pasif )
    Berpenampilan menarik
    Friendly personality
    Communicative and creative
    Bisa bekerja full day

    EMPLOYMENT BENEFITS
    Berpenghasilan menarik
    Pegawai tetap
    career
    Mendapat tunjangan JAMSOSTEK

    Kirim lamaran anda ke
    Gedung Graha Pena Lt. 5 Sute 510
    Jl. Raya Batam Centre
    telp: (0778) 460785
    Batam

    dan

    Jl. HOs Cokroaminoto No. 66 Block b, c, d Denpasar Bali
    Telp: 0361-422335
    Denpasar – Bali
    Atau kirim ke
    easyspeak.recruitment@gmail.com

  7. Majalah Masjid Kita mengatakan:

    tokh segala nya serba mudah mas ya walau di penjara sekalipun, bahkan sepertinya lebih nikmat😦

  8. lyna riyanto mengatakan:

    banyak cerita ttg orang2 hebat yg malah membuat prestasi ketika berada didalam penjara
    tapi jika seperti gayus..
    nggak mau Pak🙂

  9. tetik mengatakan:

    Salam
    berbagai fenomena tentang penjara, walaupun beberapa ulama banyak yang berprestasi di penjara, kayaknya gayus semakin berprestasi juga dalam hal suap menyuap >_<

  10. wits mengatakan:

    Melihat berita di televisi, buat org2 elite yg masuk penjara, mereka seakan tinggal di hotel berkelas, full dg fasilitas. Jd, kenyamanan selalu ada,tak seperti “penjara” yg memang dikhususkan pada u/rakyat kecil.

  11. Karawang mengatakan:

    Hukum kadang masih berpihak pada individu atau kelompok tertentu.

  12. r10 mengatakan:

    Beginilah penjara indonesia, tak punya duit seperti ustadz abu bakar basyir, artinya tinggal di dalam penjara dgn segala kesulitannya

    kalau punya duit seperti gayus, bisa berpergian ke LN, atau juga seperti bandar narkoba masih bisa mengatur bisnisnya didalam penjara

  13. M A Vip mengatakan:

    penjara adalah tempat terindah (di Indonesia bagi koruptor).

  14. Goyang Karawang mengatakan:

    ada istilah menarik dikalangan aktifis mahasiswa dulu : kalo belum masuk penjara atau kena pentungan aparat karena aksi ya belum bener2 jadi aktifis sejati.. dan sebaliknya kalo korupsi lalu masuk penjara ya belum jadi koruptor sejati😀

  15. hanhan mengatakan:

    Wah kalau koruptor masuk penjara semua pasti engga cukup kan sudah over limit semua kapasitasnya, mungkin lebih baik di kirim ke suatu pulau agar bertahan hidup hehehehe

  16. Miftahgeek mengatakan:

    Penjara jaman sekarang udah bukan “mengembalikan cara berfikir” narapidana nya. tapi udah menyiksa.😦

  17. aldy~pf mengatakan:

    Nggak kang, sehebat apapun hikmah yang bisa dipetik dalam penjara saya akan tetap tidak mau masuk penjara😀

  18. Ade Truna mengatakan:

    setuju dg pa aldy, jgn lah dipenjara….tidak setuju dgn om sedj, mensejajarkan tokoh ‘berkelas’ nurdin deng pram, buya, dan khomeini🙂
    *selamat pagi

  19. TUKANG CoLoNG mengatakan:

    mama tolong kirimin papa pulsa. papa lagi di penjara :p

  20. rubiyanto19 mengatakan:

    bener-bener orang pilihan, namanya saja didahului nabi, …..

  21. Lucky dc mengatakan:

    Klo sekarang sih orang masuk penjara pada males, buktinya banyak praktik sogok-menyogok seperti Gayus yang terungkap….

  22. mamah Aline mengatakan:

    kalo penjara dalam gambaran pertama berkesan menyeramkan, tapi ketika penjara di negeri ini seperti hotel dengan fasilitas lengkap dan bisa pelesiran, orang gak bakal takut dan kapok masuk penjara ya mas🙂

  23. sawali tuhusetya mengatakan:

    itulah ironisnya potret supremasi hukum di negeri ini, mas sedj. pesakitan pun ternyata bisa kencing di mana2, bahkan aparat pun bisa dikadali dan dikencingi. piye jal?

  24. Ifan Jayadi mengatakan:

    Penjara bisa menjadi inspirasi bagi orang2 tertentu yang mampu menghasilkan karya2 hebat. Namun bagi orang yang memandang penjara sebagai sesuatu yang mengerikan, mereka menjadikan penjara sebagai sesuatu yang dapat dibeli dengan uang meski dengan cara menyogok sekalipun

    • sedjatee mengatakan:

      meski penjara bisa menjadi inspirasi
      banyak orang memilih diluar penjara

      tetapi ketika penjara bisa disulap menjadi surga
      hukum diperjualbelikan seenaknya
      menjadi gambaran buruk bagi sejarah negeri kita

      salam sukses..

      sedj

  25. Sriyono semarang mengatakan:

    Cerita yang sangat menakjubkan dari negeri flamboyan itu, orang yang dipenjara bisa piknik ke mana mana, yang tidak saja gak bisa loh…😀
    Kasian gak punya duit…

  26. bchree mengatakan:

    mungkin negeri ini butuh di lulu lantakkan dulu mas, orang-orang durjana biar mati sekalian. sehingga diganti dengan generasi baru yang lebih bersih….. yuk terus berbagi energi kebaikan

  27. ysalma mengatakan:

    saya ogah Pak,,
    mau kayak gimana luxnya penjara di negeri dongeng itu,, ga niat berkunjung kesana,,

  28. ratansolomj9 mengatakan:

    Dulu sering dikatakan penjara = Hotel Prodeo, sekarang penjara = Hotel, begitu saja ya Mas …🙂

  29. wardoyo mengatakan:

    Semua penjara bikin orang kapok dan tidak betah. Buktinya, yang di dalam penjara berusaha untuk keluar dan jalan-jalan.
    Boleh juga masuk penjara, tapi penjara yang tidak bikin kapok… terpenjara oleh cinta!

  30. yusuf mengatakan:

    “Ayo masuk penjara..” wah judulnya seperti slogan “Ayo Sekolah”…:)

  31. sedjatee mengatakan:

    “ayo bayar pajak”
    lalu petugas pajaknya korupsi
    akhirnya masuk penjara
    “ayo masuk penjara”
    hehehe..

    sedj

  32. reedai313 mengatakan:

    Wah..
    susah, y, Om..
    sekarang aparat jualan citra..
    citranya “Hukum ditegakkan, penjahat dipenjara”
    Yang disulap adalah penjaranya..
    Mang susah kalo orang culas jadi PENJAHAT..
    Palagi kalo dah berKOMPLOT..
    widihhhh…

  33. menone mengatakan:

    penjara yang terakhir to berada di negara yang kaya raya ya sob cm jd miskin gara2 korupsi……. namanya negara apa ya?…..xixixixixixixi

    wahai para pejabat yg mudah disuap……..kapan kamu mampus?????????

  34. Darin mengatakan:

    Lugas dan mengena. Ya, penjara di negri ini betul2 memprihatinkan. Salah satu penyebabnya ya karena pengelolanya malah memanfaatkan itu tuk sarana memperkaya diri. Jadilah yang dipenjara bisa bebas berkelana.

    Sungguh ironis..😦

  35. Wawan Herdianto mengatakan:

    Tulissan yang inspiratif…terimakasih kawan. salam sukses

  36. Kakaakin mengatakan:

    Karena itu, saya bertanya pada teman saya “kok kamu mau sih jadi sipir”?
    Eh, dia senyum aja😦

  37. lozz akbar mengatakan:

    jadi ngeri nih Kang tau penjara di luar negeri.. tapi kalau di negeri kita ndiri kok malah enak ya yang dipenjara?

  38. HALAMAN PUTIH mengatakan:

    Asal banyak uang, penjara malah bisa menjadi surga bagi yang ada di dalamnya. Karena dalam penjara orang tetap bisa bebas mau berbuat apa dan pergi kemana saja.

    Kan sudah ada contohnya…

    Yang tak punya uang banyak, jangan berharap masuk penjara.

  39. bayuputrabio mengatakan:

    saya memilih di luar aja lebih enak bernafas dengan lega hee … walaupun harus cari makan sendiri .. kalau di penjara kan makan gratis …

  40. ummurizka mengatakan:

    ayo masuk penjara…karena penjara di indonesia “enak” sekali (bagi yang berduit🙂 )

  41. andipeace mengatakan:

    hehe kalau begitu bawa duit banyak dech,lalu masuk penjara😀 soalnya punya duit banyak diluar penjara juga bisa dijambret,copet,dibegal si kucing berseragam😀

  42. popi mengatakan:

    tapi saya tetap ga mau kok dipenjara! meski di penjara fasilitasnya bintang 5!

  43. Humberqu mengatakan:

    Salam Gowes
    Andai aku jadi Gayus, aku kapooooook
    Maap izin mencoret dikunjungan perdana nih kang
    Salam Gowes Humberqu

  44. M A Vip mengatakan:

    sukses ikut kontesnya. saya ikut enggak ya?

  45. kang ian dot com mengatakan:

    masuk penjara kan enak mas..
    dikasi makan seragam ehehe

  46. Filmy mengatakan:

    What’s upblog post}. It was {inspiring

  47. Anonim mengatakan:

    good read,you might have some bug on your header

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: