Frasa Itu Adalah Cinta

54

Maret 10, 2011 oleh sedjatee

One word frees us of all the weight and pain of life. That word is love.”
(Sophocles, 496 – 406 SM)

Shinta menatap gelegak api yang menyala didepannya. Kemudian dia menghormat kepada Rama sang junjungan, dan memohon maaf yang sedalam-dalamnya kepada Laksmana adik iparnya. Kemudian Shinta, lambang keanggunan itu melangkah dengan ketegaran seorang ksatria untuk menenggelamkan diri dalam gejolak api. Dewa Agni segera mendinginkan segala api dan bara, dan akhirnya Shinta keluar dari api dalam kesegaran aura yang sama seperti saat ia hilang di hutan Dandaka. “Wahai Rama, aku saksikan kesucian Shinta, juga kesetiaan dan kecintaannya kepadamu. Kini terimalah ia kembali padamu” seru sang Agni. Para pujangga segera mencatatnya dan mengulang-ulang kesaksian itu dalam bait-bait syahdu. Selanjutnya kidung dan pujian segera dikumandangkan kepada para dewa.

Ramayana adalah kisah tentang pengorbanan, juga perjuangan, yang dipenuhi rasa pahit getir, demi eksistensi sebuah rasa bernama cinta. Dinamika cinta selalu indah dan tak pernah membosankan. Pun Ramayana, kisah legendaris itu tak akan pernah membosankan untuk dibaca manusia, sebagaimana Dewa Brahma mengatakannya kepada pujangga Walmiki ketika akan menulis Mahakarya Ramayana “yawat sthasyanti girayah saritas qa mahitele tawat Ramayanakatha lokequ pragarisyati” … selama bukit berdiri tegak dan sungai mengalir ria, maka kisah ramayana ini tiada kan pernah sirna.

Cinta punya cara sendiri untuk membuktikan eksistensinya, termasuk pada jalan paling menyakitkan sekalipun. Romantisme Roro Mendut – Pronocitro yang berujung pahit tetap akan menjadi kisah yang menghipnotis pembacanya. Mengapa manusia rela berkorban, menghadapi rasa sakit untuk kemudian larut dalam cinta?

Telah lebih dari 2500 tahun kalimat pembuka diatas diucapkan oleh Sophocles, dramawan Yunani yang hidup di masa sebelum masehi. Umat manusia meyakininya. Begitu banyak sejarah mencatat eksistensi cinta dari sebuah perjuangan dahsyat. Tetapi baru pada beberapa waktu terakhir ini saja ilmuwan menemukan jawaban ilmiahnya.

Sebagaimana diberitakan Sydney Morning Herald baru-baru ini sebuah penelitian di Stanford University menyimpulkan bahwa rasa cinta yang merasuki otak manusia akan menumbuhkan perasaan gembira yang membuat manusia sanggup mengabaikan rasa sakit. Disebutkan bahwa perasaan cinta bereaksi di sistem syaraf manusia dengan manfaat yang sama seperti obat penghilang rasa sakit dan obat-obatan adiktif seperti heroin dan kokain. Eksperimen menunjukkan bahwa mahasiswa yang sedang dimabuk cinta, terbukti lebih pintar menghadapi soal-soal, lebih bersemangat dalam belajar dan lebih tangguh menghadapi rasa sakit.

Perasaan cinta menjadikan banyak orang begitu tangguh melawan penderitaan seolah tak mengenal rasa sakit. Seperti di kisah Ramayana dan roro mendut. Namun para pengamat perilaku juga menyimpulkan bahwa tak semua orang mampu berbuat ekspresif dalam mengungkapkan cinta. Diam adalah salah satu bentuk ekspresi dalam mengungkapkan cinta. Suatu ketika, diam adalah sebuah pilihan dan bukan suatu sikap yang hipokrit. Sesuatu yang diam terkadang bukan dikarenakan oleh matinya kreasi atau hilangnya sebuah kesadaran hidup. Diam hanyalah bahasa yang dipilih untuk mewakili sebuah imaji yang teramat dalam. Dan imaji itu adalah frasa yang sama, yaitu cinta.

Orang-orang yang diam, mungkin tidak sekreatif Rendra dalam mengekspresikan perasaan. Mungkin tidak seatraktif Pronocitro, juga tidak sensasional seperti cara Walmiki mengilustrasikan pembuktian cinta. Namun begitu, mereka merasakan keindahan yang sama pada sebuah frase bernama cinta, mereka punya kadar yang sama dalam hal cinta, kendati dengan pembuktian yang berbeda. Dan dalam terminologi cinta, pembuktian adalah lebih penting dari sederet kata-kata.

sumber gambar : smashingapps.com

54 thoughts on “Frasa Itu Adalah Cinta

  1. ahsanfile mengatakan:

    Aku jadi ingin baca kisah rama shinta lagi neh, dulu aku pernah menamatkan baca cerita rama shinta, tapi tak pernah bosan membacanya. (tapi bukunya sekarang entah dimana)

    kalau mbahas soal cinta emang akan selalu menyenangkan dan akan selalu menghiasi sepanjang hayat

  2. lozz akbar mengatakan:

    cinta juga bisa membuat urang cengar-cengir sendiri loh Kang.. hehe

    Kang aku request posting yang ada fotone sampean.. mana nih, apa enggak cinta lagi sama diriku hiyahaha

  3. ¤ HILAL ALIFI mengatakan:

    tapi beda ceritanya kalau Ci Pat Kay, si siluman babi dalam kisah kera sakti.

    nasibnya apes banget: dihukum merana seribu kali karena cinta.

    “Begitulah cinta, deritanya tiada akhir,” keluhnya.

    he he he

  4. kang ian dot com mengatakan:

    ohh cinta dimanakah kau berada..kini aku ingin jumpa..loh koq nyanyi katon🙂 mas sedj emang pinter kalau urusan pewayangan kayanya dulu pernah jd dalang ya hahaha

  5. giewahyudi mengatakan:

    Saya enggak percaya cinta, cinta itu abstrak..
    *sinis*

  6. wi3nd mengatakan:

    hemm..cinta..

    sebah rasa yang membuat hidup ini lebih indah..
    terlepas dari cinta apapun cinta terhadap sesama,cinta amor dan tentu sajah cinta kepada sang Pemilik Cinta itu sendiri

  7. dheeasy mengatakan:

    Membahas tentang cinta seperti memperbincangkan hal yang gaib.. Sulit untuk ditangkap akhirnya… Cinta yang mampu memberikan bahagia hingga ingin hidup selamanya, namun tak jarang memberikan luka, perih, yang akhirnya memilih tuk bunuh diri -karena disangka itu kan menghilangkan pedih-…
    Karena hanya kepadaNYAlah paling berhak kita labuhkan cinta….
    *nice post…🙂

  8. Abi Sabila mengatakan:

    “Perasaan cinta menjadikan banyak orang begitu tangguh melawan penderitaan seolah tak mengenal rasa sakit ”

    Jadi teringat perjuangan almarhumah ketika sakit gagal ginjal stadium terminal. Subhanallah, tujuh puluh hari dia mampu bertahan, meskipun akhirnya kepada Sang Pemilik Cinta Sejatilah ia kembali. Semoga Allah menjadikannya sebagai ahli syurga. Amin.

  9. fitr4y mengatakan:

    untuk hidup lebih sehat, berarti qu harus jatuh cinta lagi ya mas .. heheheh 🙂

  10. sikapsamin mengatakan:

    Memang…KOBARAN SEMANGAT KARENA RASA CINTA…sangat luar biasa.
    Akibat…CINTA HARTA, KEKUASAAN, UANG…, akhirnya Bank Century, Krakatau-Steel, Pajak, Devisa-TKI, semua llleeebbb…ludezzz.

    Agama, Moral…minggir tersingkir…

  11. wits mengatakan:

    iya, pembuktian itu memang jauh lebih penting dari sederet kata-kata, seperti lagunya westlife, MORE THAN WORDS

  12. Ifan Jayadi mengatakan:

    Bahkan karena cinta seseorang sanggup menggadaikan apapun dari hidupnya asalkan bisa meraihnya

  13. popi mengatakan:

    Lagi-lagi cerita dari dunia perwayangan. Tapi memang ternyata banyak maknanya ya, Mas? btw..suami belum pernah secara serius bilang “I love you’., tp itu ga penting, karena dia menuangkan semua itu lewat sikap dan perbuatan!🙂

  14. Wandi Sukoharjo mengatakan:

    Judul sing rada pas, frasa itu cinta apa frasa itu bernama cinta mas?

  15. TUKANG CoLoNG mengatakan:

    dan frasa ini namanya komentar😀

  16. sawali tuhusetya mengatakan:

    untuk membuktikan bahwa cinta itu masih eksis dalam dinamika hidup anak cucu keturunan adam, memang seringkali harus melewati berbagai ujian dan cara, baik yang lazim maupun yang tidak. sungguh, kisah rama-shinta atau rara mendud-pranacitra secara gamblang menggambarkan bahwa cinta memang sesuatu yang universal.

  17. @helgaindra mengatakan:

    cinta bikin orang klepek klepek
    jadi lupa segalanya

  18. ratansolomj9 mengatakan:

    Cinta memang menimbulkan “high power” Kang. Seorang Sangkuriang bisa menyepak perahu yang tak urung menjadi Tangkubanperahu, dan Bandung Bondowoso mencipta candi Prambanan dalam semalam … semua gara2 cinta🙂

  19. masyhury mengatakan:

    Cinta itu gak ada habisnya buat di bahas..
    Dan gak akan bosan untuk di nikmati..
    Apalagi buat yang ramaja,,😀

  20. Sukadi mengatakan:

    Ada banyak hal dan banyak cara untuk mengungkapkan perasaan cinta, pembuktian lebih penting ketimbang mengumbar banyak kata tapi tanpa bukti nyata…🙂

  21. lyna riyanto mengatakan:

    Cinta
    itu kata yang saya pakai untuk menamai no hp milik suami saya🙂

    cinta memang gak akan pernah kehabisan kata untuk dibahas, ada banyak cerita indah tentang cinta begitu pula kisah sedih memilukan

    Bagaimanapun Dunia dan segala isinya ini ada karena cinta Allah kepada kita semua

  22. TuSuda mengatakan:

    setiap insan pasti punya cara tersendiri, untuk mengekspresikan rasa cintanya, apakah sepenuh hati ataukah separuh nurani…
    BTW>>>MAAFKAN baru sempat BW balik kesini.
    SALAM Hangat dari Kendari… 🙂

  23. atmokanjeng mengatakan:

    kalau saya benci postingan ini pak… benar-benar cinta😀

  24. M A Vip mengatakan:

    pembuktian dengan sikap mungkin lebih penting, tapi tetap saja kata-kata yang lebih sering memperjelas keadaan.

  25. archer mengatakan:

    C.I.N.T.A Tidak pernah ada habisnya untuk dibahas🙂

  26. bundadontworry mengatakan:

    setiap kita yang pernah merasakan cinta, punya cara sendiri dlm mengekspresikannya .
    dan, cinta yang kuharapkan adalah cinta dari Sang Maha Pemilik Cinta itu sendiri
    salam

  27. dedekusn mengatakan:

    Lama ga berkunjungnih mas,… artikelnya makin keren aja.
    Oh iya mas sy punya usul nih…. gimana kalau tulisan2 mas sedjatee dibukukan, minimal dijadikan e-book misal dalam bentuk PDF, dll. Biar sy juga penggemar tulisan2 mas Sedj yg khas bisa membaca & menikmati dalam keadaan santai & off.
    Salam hangat

  28. r10 mengatakan:

    jadi ingat saat-saat dulu lagi mabuk cinta, apa-apa jadi semangat menjalaninya:mrgreen:

  29. Masbro mengatakan:

    Cinta bisa menguatkan yang lemah..
    Diam bisa merasakan yang indah, meski tanpa harus berkoar

    OOT : Maaf mas, baru sempat berkunjung. Ohya, saya sudah diajak apikecil ikutan kecubung. Salam hangat Mas;

  30. dwipacitan mengatakan:

    puitis sekali artikelnya mas…

  31. kamal mengatakan:

    cinta memang membawa kekuatan ya mas… hmm mantap postingannay salam hangat:)

  32. sikapsamin mengatakan:

    Jadi ingat coretan pakdé, cuplikannya kira2 begini :

    pabila getar dua hati
    berpadu dalam satu resonansi
    bibir terkatup rapi
    lidah kelu bagai terkunci
    bahasa dan kata tak bermakna lagi

    ………………dst, diakhiri

    you are my real mistery

  33. Kakaakin mengatakan:

    Perasaan cinta memang seringkali membuat seseorang menjadi lebih kuat…
    Lebih kuat untuk memegang sebilah pisau dan mengiris pergelangan tangannya…
    Lebih kuat untuk mengangkat gelas berisi racun dan menenggaknya…

  34. Sugeng mengatakan:

    Dengan kembali nya koneskiku meskipun gak stabil, kembali aku menyapa sahabat sedjatee…..😆
    Kang, aku juga berusaha mencari cinta-cinta yang terserak kepada sang Khalik.

    Salam hangat serta jabat erat selalu dari Tabanan

  35. riez mengatakan:

    Semoga dewi shinta bisa kutemukan kelak (amien)

  36. Vulkanis mengatakan:

    Cinta tak mudah dilupakan 😀

  37. Vcom mengatakan:

    Ehm..bahas cinta yg takan habis

  38. Vcom mengatakan:

    Wah…ketangkap satpam nih komennya

  39. reedai313 mengatakan:

    tapi sayangnya, vaksin bernama Cinta ini
    amat rentan untuk terkikis Om..
    jadi efek-efek positif yang dibawanya pun..
    bisa ikutan menguap…😀

    pencerahan yang menarik, Om..

  40. umjoxjuomx mengatakan:

    ndtxicfutuzdjibrwhie, jkzlertlyw , [url=http://www.qqldwqnxay.com]tcrjggyrfc[/url], http://www.mzgehxirke.com jkzlertlyw

  41. julianusginting mengatakan:

    ngebahas soal cinta gada habis2nya sob..😀

  42. andipeace mengatakan:

    gak ada cinta…gak ada kehidupan.

  43. Usup Supriyadi mengatakan:

    oh cinta…

  44. baburinix! mengatakan:

    cinta ….hmmm…cinta memang ada pada stiap insan

  45. pri crimbun mengatakan:

    cinta🙂 dimana kah kini….. (sambil nyanyi lagu malay)

  46. yup.. cinta itu persfektif… dan persfektif itu lahir atas dorongan cinta terhadap suatu hal… cinta dan persfektif itu kemudian bersandar pada satu titik yang fana🙂
    hehe..

  47. fmrplmrkff mengatakan:

    nvzgbymbeihvbgnlninw, jijzmocjea

  48. citromduro mengatakan:

    cinta itu indah
    cinta itu kata
    tapi kalau tidak salah dalam bahasa india, cinta itu kecewa
    jadi cinta adalah kata indah yang dapat membawa kekecewaan

    betul tidak ya

    salam

  49. Online RPG Games mengatakan:

    ekwejorpshsbtjautueu, RPG Games, ZXBSYVv, [url=http://onlinerpggames4u.com/]RPG Games[/url], UGrpXYq, http://onlinerpggames4u.com/ Online RPG Games, rPZyHuD.

  50. Adventure Games mengatakan:

    kvvoxcqwhkiuoerfnuws, Online Car Games, IyKdCNo, [url=http://onlinecargames4u.com/]Car Games[/url], pWTrwWa, http://onlinecargames4u.com/ Online Car Games, MhStmJK, RPG Games, bfiYNlR, [url=http://onlinerpggames4u.com/]RPG Games[/url], Ecrjlcu, http://onlinerpggames4u.com/ RPG Games, zgjwmQP, Online Classic Games, lQzGEzn, [url=http://onlineclassicgames4u.com/]Online Classic Games[/url], TuHxkjD, http://onlineclassicgames4u.com/ Classic Games, HLixGsK, Adventure Games, FPHSFqL, [url=http://onlineadventuregames4u.com/]Online Adventure Games[/url], tGBtINH, http://onlineadventuregames4u.com/ Adventure Games, PBazjVE, Online Puzzle Games, mxUGoTH, [url=http://onlinepuzzlegames4u.com/]Puzzle Games[/url], PZmyhGi, http://onlinepuzzlegames4u.com/ Puzzle Games, EPiVtNV, Strategy Games, cjQziga, [url=http://onlinestrategygames4u.com/]Online Strategy Games[/url], EIcuzrl, http://onlinestrategygames4u.com/ Strategy Games, UoKUfkj, Sports Games, uUJngQO, [url=http://onlinesportsgames4u.com/]Sports Games[/url], pxfQMKL, http://onlinesportsgames4u.com/ Sports Games, jtlJPPj, Online physics games, VCHGNGc, [url=http://onlinephysicsgames4u.com/]physics games[/url], bqnniaE, http://onlinephysicsgames4u.com/ physics games, MYivvdl.

  51. Viagra 50mg mengatakan:

    exvnebfobflicrfjbqjr, Alesse 07/04/02:00, wwqOOZc, [url=http://rubysnips.com/Alesse.html]Alesse 07/04/02:00[/url], GijgsoY, http://rubysnips.com/Alesse.html Alesse 07/04/02:00, ZXnlQQs, Viagra 50mg, qXlJpdD, [url=http://gotomarras.com/]Viagra 50mg[/url], CoDdMGa, http://gotomarras.com/ 50mg generic viagra online, GUtiQzO, Lasix, ggyEaxJ, [url=http://harmonydairyfarms.com/Lasix.html]Lasix[/url], yvrbAeW, http://harmonydairyfarms.com/Lasix.html Lasix water pill, ftxPWtc, Buy Ambien, AgDuMnY, [url=http://www.showstoppersevents.com/]Ambien[/url], OPHoGnw, http://www.showstoppersevents.com/ Ambien, ufAzESx, Cialis daily, joxhdDm, [url=http://harmonydairyfarms.com/]Cheapest cialis daily price[/url], TpeQifs, http://harmonydairyfarms.com/ Cialis Daily, UqxsIpT, Tadacip from india pharmacy 07/04/02:00, QdeAIWP, [url=http://sun165.com/Tadacip.html]Tadacip fda 07/04/02:00[/url], WWNWhmK, http://sun165.com/Tadacip.html Tadacip 07/04/02:00, ZDSlkvM, Wellbutrin generic, HfVbMtP, [url=http://glynnfo.com/Wellbutrin.html]Cymbalta and wellbutrin[/url], OJnWQbD, http://glynnfo.com/Wellbutrin.html Wellbutrin, DcCJcqC, Nexium, oNUoNAZ, [url=http://www.beachbedandbreakfasts.com/]Nexium[/url], ClpnRUV, http://www.beachbedandbreakfasts.com/ Buy Nexium, nrxhEhm.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: