Monolog Kantong Bolong

52

Maret 15, 2011 oleh sedjatee

Terkadang aku masih teringat pada masa lalu, ketika diriku adalah Bambang Penyukilan yang sakti tanpa tanding. Sebagai putra raja jin, aku pun tampan dan kaya, sebuah alasan yang di masa lalu membuatku congkak dan tinggi hati. Saat itu aku merasa bahwa akulah yang paling hebat. Hingga takdir mempertemukan aku dengan Semar. Lalu orang tua itu menasihatiku tentang hakikat kehidupan, satu nasihat yang mengubah watak dan kehidupanku. Menjadi punakawan bukan berarti aku kehilangan kesaktianku, tetapi aku tak lagi besar kepala. Aku harus lebih mengedepankan akal sehatku.

Sebagai Petruk Kantong Bolong, aku telah hidup bersama para raja sejak zaman Palasara, Rama dan bahkan Arjunasasra. Dan aku terus bersama para raja hingga masa Abiyasa, Pandu Dewanata, Abimanyu dan Parikesit. Maka kukatakan bahwa menjadi rakyat tidaklah kalah terhormat dibandingkan menjadi penguasa. Tugas rakyat adalah mengabdi, yaitu mengabdi kepada kebenaran. Pengabdian punakawan bukanlah pengabdian buta, karena pengabdian ini sesungguhnya dicurahkan kepada kehidupan dan Sang Pencipta. Aku hanya loyal kepada kebenaran, bukan pada kekuasaan. Bila penguasa mendekat pada jalan angkara murka, maka aku tak akan segan menegurnya.

Selama penguasa tidak menyeru pada kemungkaran, kita rakyat jelata wajib patuh tanpa syarat kepada pemimpin. Pantang bagi rakyat untuk melawan penguasa. Rakyat harus mengerti bahwa terkadang keputusan pemimpin tak bisa seterusnya memuaskan semua pihak. Kami, para punakawan, miris dan prihatin melihat betapa rakyat begitu mudahnya menghabiskan energi melawan pemimpin yang ia pilih sendiri. Begitu gampang rakyat mencaci pemimpinnya di mimbar-mimbar pidato dan demonstrasi, lalu sesekali saling membuka aib pemimpinnya.

Aku Petruk Kantong Bolong, mengajak kita semua untuk mencintai dan menghormati pemimpin kita dengan cara yang bermartabat. Tidaklah pantas seseorang hanya merasa dirinya lebih baik lalu menghasut orang lain untuk mencela pemimpinnya. Tidaklah patut jika hanya untuk ambisi pribadi, seseorang mengorbankan orang lain untuk melakukan makar kepada penguasa. Betapa banyak orang telah mati sia-sia, digantung penguasa, diterjang peluru dan senjata, hanya karena hasrat berebut tahta. Syukurilah derajat sebagai rakyat dengan sepenuh hati, karena kita pun belum tentu sanggup menjadi penguasa. Dan menghormati penguasa adalah amal baik bagi rakyat seperti kita.

Bila pemimpinmu melenceng dari amanah, maka ingatkanlah ia dengan cara yang santun. Bicaralah dengan penuh rasa hormat. Jangan mencela aibnya di depan orang banyak, jangan menghasut orang untuk membencinya, jangan pamer kekuatan untuk menjatuhkannya. Jangan merasa hebat lalu mendekati kekuasaan sebagai penjilat, kemudian bermuka dua, menikam dari belakang seperti tabiat pengkhianat. Betapa tercelanya orang-orang yang bertopeng agama namun menuruti syahwatnya untuk berkuasa dengan segala cara.

Aku Petruk Kantong Bolong, sugih tanpa bandha. Aku merasa kaya dan bahagia sebagai rakyat jelata. Meski aku bisa hidup mewah dengan kekayaanku, aku menanggalkan semuanya. Ketika orang lain bangga dengan kekayaan yang dipunya, aku justru merasa kaya ketika jauh dari harta. Inilah ilmu kantong bolong, semua yang di kantongku aku berikan kepada orang lain, dan aku tetap merasa kaya dengan kantong tanpa isi.

Aku Petruk Kantong Bolong, nglurug tanpa bala. Percaya diri namun tidak meremehkan orang lain. Menjadi rakyat kecil tidaklah harus rendah diri. Percayalah pada diri kita selama kita berada di jalan kebenaran. Yakini kebenaran tetapi jangan mencela kekurangan.

Aku Petruk Kantong Bolong, menang tanpa ngasorake. Menjadi terhormat tidaklah harus menjadi penguasa. Sebagai rakyat bukannya tak terhormat. Mari hormati pemimpin kita selama ia tidak membawa kita untuk mendurhakai Sang Maha Kuasa. Mari cintai negeri kita dengan menjadi rakyat yang baik, rakyat yang bersama pemimpinnya turut membangun bangsa, bukan rakyat yang selalu mencela dan membuat makar kepada pemimpin yang seharusnya kita hormati.

Aku Petruk Kantong Bolong, memberi sebuah inspirasi sederhana untuk kebaikan tanah air kita.

sugih tanpa bandha: kaya tanpa harta
nglurug tanpa bala: menyerang tanpa pasukan
menang tanpa ngasorake: memang tanpa merendahkan

52 thoughts on “Monolog Kantong Bolong

  1. riez mengatakan:

    wah filosofinya petruk mengena Bgt ya

  2. Goyang Karawang mengatakan:

    resiko jadi pemimpin adalah dibenci dan sekaligus dicintai ya mas..
    dan kewajiban sebagai yang dipimpin adalah menghormati dan menghargai kebaikan dan keberhasilan pemimpin🙂 tdk hanya mencari kesalahannya

  3. ahsanfile mengatakan:

    Kalo yg ini aku koq nggak mudeng yah ?
    Emang sih, tokoh yang satu ini aku aga kelewat dulu membacanya

  4. sikapsamin mengatakan:

    Wuah…lha iki Pencerahan yang membuat saya semakin mangstabbbzzz sbg “Sikap Samin”

    Matur nuwun mas Sedj…

    • sikapsamin mengatakan:

      Seperti biasa, entah darimana tiba2 BAGONG nongol dan ikut komentar :

      “Pancen ular2mu joss tenan kang PETRUK… Kalau BAGONG pikir.., mereka yg jadi pemimpin/penguasa… Mbok yaooo mengaca atau merefleksi diri saat Pemilu, mereka MENERIMA(bahkan konon ME-MINTA2) ‘suara’ dari kita para Punakawan/Rakyat…dan kita2 ini menjadi Pihak yang MEMBERI…ya to kang?
      Lebih terhormat mana coba?!?
      Tapi…sifaté menungso iku kata simbah ‘NGGÉNDONG LALI’.
      Pokoké aku sarujuk banget karo ular2mu kang PETRUK”.

      • sedjatee mengatakan:

        Kang Samin memang punakawan sejati
        selalu punya daya kritis yang hebat
        teguh dalam prinsip, loyal dalam tindakan
        salam samin, salut selalu…

        sedj

  5. zul mengatakan:

    mmhh….bacaan yg menyemangatkan..trims mas…

  6. melly mengatakan:

    Aku numpang baca aja mas, sedikit ra mudeng🙂

  7. Dangstars mengatakan:

    Sebagai rakyat saya selalu mendukung pemimpin untuk bekerja,,bukan merongrong

  8. Vulkanis mengatakan:

    Hidup Petruk…!!!
    Hidup…😀😀

  9. Dangstars mengatakan:

    Bisa jadi renungan tulisan ini ,,Matur nuwun Mas😀
    Apik tenan iki tulisanne..tenan😛

  10. alamendah mengatakan:

    Saya memandangnya sebagai seorang pemimpin memang harus lapang dada dalam menghadapi berbagai tingkah rakyatnya. Juga tetap welas asih dalam menghadapi lawan-lawannya tentunya tanpa meniadakan kesiapsiagaan.

  11. alamendah mengatakan:

    komentarku ternyata ngilang….

  12. bundamahes mengatakan:

    Petruk memang hebat! :thumbup

  13. Didien™ mengatakan:

    Monolog yg sangat menarik…
    hebat tanpa harus dg kekuasaan hehehe

    kunjungan pertama dan salam kenal,

  14. r10 mengatakan:

    kalau pemimpin mau dicintai rakyat makanya bikin kebijakan pro rakyat

  15. Arif Bayu mengatakan:

    Wah tepat sekali,,,, bagus mas ternyata ada nilai kehidupan didalamnya….. salam sahabat mas…

  16. Sawali Tuhusetya mengatakan:

    monolog yang sangat mencerahkan, mas sedj. saya suka banget dengan tiga adagium: sugih tanpa bandha, nglurug tanpa bala, dan menang tanpa ngasorake. kok beda banget dengan situasi sekarang, ya, mas. orang justru makin tergila2 dengan pangkat dan kedudukan, bahkan menghalalkan segala cara, orang makin besar nyalinya kalau berada di tengah2 massa, dan suka mengklaim diri sendiri sbg pihak yang paling benar. doh, makin repot!

    • sedjatee mengatakan:

      ya begitulah Kang
      banyak orang sekarang merasa hebat
      tak puas hanya menjadi rakyat
      masuk kekuasaan sebagai penjilat
      mencoba makar seperti pengkhianat

      sedj

  17. bundadontworry mengatakan:

    speechless………… benar2 masukan yang sangat dalam sekali artinya bagi kemajuan kita berbangsa dan bernegara.
    salam

  18. mamah Aline mengatakan:

    filosofi yang mengena sekali, sebagai petruk kantong bolong yang diaping semar, kebijakan dan kesederhanaan hidup diterapkan pun sebagai rakyat biasa

  19. HALAMAN PUTIH mengatakan:

    Rakyat boleh saja mengkritik para pemimpinnya tapi tak perlu mengecam apalagi mengancam. Namun para pemimpin sebaiknya juga bijaksana dengan memberikan kebijakan2 yang pro rakyat bukannya pro dengan golongan tertentu.

    Pelajaran yang bagus dari mbah Petruk Kantong Bolong…

    • Abi Sabila mengatakan:

      semestinya baik pemimpin maupun rakyat saling menyadari hak dan kewajibannya, menempatkan diri pada posisi masing-masing, sesuai porsi masing-masing, tidak saling tuding.

      • sedjatee mengatakan:

        setuju Kang Halput dan Kang Abi
        mari rakyat membantu pemimpin bangsa
        jangan membuat ribut dengan demo atau bikin masalah… semoga bangsa ini tenteram

        sedj

  20. kamal mengatakan:

    wah,, jadi penuh dengan pikiran nich otak gw jadinya.. abis baca ini… mantappppppppp

  21. masyhury mengatakan:

    Wew.. Maknyus..
    mestinya pejabat dan pemimpin kita membaca Petruk kantong bolong ini!😆

  22. giewahyudi mengatakan:

    seorang petruk pun bisa menginspirasi.
    Saya kira petruk hanya tokoh guyonan..
    Pemimpin juga harus memperhatikan petruk-petruk ini

  23. Merliza mengatakan:

    wahhh tokoh yg unik.. ada baiknya di patenin tuh mas.. petruk kantong bolong🙂

  24. Ade Truna mengatakan:

    gareng kok nda ngomong2, ya? Pengabdiannya konsisten tdk terpengaruh,
    # Sebagai Petruk Kantong Bolong, aku telah hidup bersama para raja sejak zaman Palasara, Rama dan bahkan Arjunasasra. Dan aku terus bersama para raja hingga masa Abiyasa, Pandu
    Dewanata, Abimanyu dan Parikesit. #

  25. TUKANG CoLoNG mengatakan:

    sekilas saya baca judulnya..menolong kantong bolong..
    pantes aja aneh.. hihi

    andai pemerintah kita tau hal ini biar sadar

  26. ¤ HILAL ALIFI mengatakan:

    “Bila pemimpinmu melenceng dari amanah, maka ingatkanlah ia dengan cara yang santun.”

    Baru2 ini tokoh2 lintas agama mendatangi istana untuk melakukan “ingatkanlah” itu. dan peristiwa ini menjadi buah bibir yang hangat di semua tempat.

    kesan saya, penghuni istana kok rada puyeng menghadapi “peringatan”. bahkan saya merasa, para pemimpin itu merasa terancam posisinya.

    hmm…

  27. archer mengatakan:

    susah nyari orang seperti Petruk kantong Bolong di negri ini, kebanyakan adalah kebalikannya

  28. Suke Semarang mengatakan:

    bledak kantil parang kembang sedjatee emang bekeen bangga…🙂
    *gaknyambung ya?😀

  29. wits mengatakan:

    Andai semua pemimpin memiliki sifat seperti petruk kantong bolong, pasti kesejahteraan merata terjadi di negeri ini

  30. Miftahgeek mengatakan:

    Sikap kayak gini kang yang dibutuhkan masyarakat kita, jangan semaunya aja kritik mulu, ga pernah muji, padahal masih ada beberapa yang bisa dipuji dari pemerintah –“

  31. jumialely mengatakan:

    menegurlah dengan santun. I like it

  32. citromduro mengatakan:

    menegur dengan santun, jangan urakan dan anarkis

  33. popi mengatakan:

    sejujurnya rada sulit memahami bacaan ini! tapi saya setuju poin ini:

    “Bila pemimpinmu melenceng dari amanah, maka ingatkanlah ia dengan cara yang santun. Bicaralah dengan penuh rasa hormat. Jangan mencela aibnya di depan orang banyak, jangan menghasut orang untuk membencinya, jangan pamer kekuatan untuk menjatuhkannya!”

    ..tau sendiri kan? sekarang banyak yg ‘kurang ajar’ ama pemimpin kita??

  34. reedai313 mengatakan:

    Jadi rakyat berada dalam posisi aman, Om..
    Ini patut disyukuri..
    Aman dari teror dunia..
    Dan aman juga dari ‘teror’ akhirat..
    Tapi kalau jadi rakyat yang lebih “berisi” seperti petruk..
    tentu akan membuat negeri ini sumringah…😀

  35. lyna riyanto mengatakan:

    Monolog yang semestinya dibaca oleh rakyat dan penguasa, sebagai apapun peran kita maka filosopi Petruk Kantong Bolong pasti akan bermafaat.

    Terima kasih pencerahaannya Pak🙂

  36. joko santoso mengatakan:

    memang… filosofi dari tokoh panukawan sangat diacungi jempol.. seandainya semua orang di dunia seperti ini, mungkin nggak terdengar bom meledak di sana sini

  37. joe mengatakan:

    sugih tanpa bandha, nglurug tanpa bala, menang tanpa ngasorake, jajan tanpa bayar he he….

  38. fitr4y mengatakan:

    ooo qu di suguhi petruk ya mas,, dah lama bgt .. hehe🙂

  39. yusuf mengatakan:

    Bila pemimpinmu melenceng dari amanah, maka ingatkanlah ia dengan cara yang santun, hormat dan tidak mengorek aibnya.

    saya setuju dengan pendapat diatas, namun beda dengan kenyataan di negeri ini. para politikus saling mencela dan mencari-cari kesalahan lawan politiknya.

    sebaiknya kita harus sadar diri, kita ini satu bangsa, satu bahasa jadi untuk apa saling menjatuhkan dan menyakiti.

  40. vanjava mengatakan:

    kisah yang sgt inspiratif mas…..

    thx

  41. Mohammad Hosnan mengatakan:

    ASSALAMUALAIKUM
    PP.NURUL AMIN
    WRINGIN – BANYUWANGI ==============
    ALHAMDULILLAH HIROBBIL ALAMIN BERKAT RAHMAT SERTA HIDAYAH ALLAH S.W.T SERTA IZIN MAHA GURU DENGAN BEKAL ILMU KEWALIAN KAROMAH,KAMI DATANG BAGI ANDA YG PUNYA MASALAH HUTANG,BANGKRUT USAHA,BUTUH MODAL,DLL…BERSAMA KH. MOH. HOSNAN,DENGAN IZIN ALLAH,RENTANGKAN
    SAYAPMU,GAPAI DUNIAMU,KEJAR CITA CITAMU,RAIH SEMUA IMPIANMU,AGAR ORANG LAIN TIDAK LAGI MENGHINA ANDA
    KAMI SIAP MEMBANTU DENGAN….
    1. KANTONG SUGIH
    2. DANA GHAIB
    3. NIKAH DG JIN
    4. UANG BALEN
    5. NOMER REJEKI
    6. PENGASIHAN
    7. PENGLARISAN…DLL
    DI JAMIN 100% SUKSES
    PROSES CEPAT TEPAT TERPERCAYA
    BAGI YANG BERMINAT

    SILAHKAN HUBUNGI
    KH. MOH. HOSNAN NHP : 085745358402
    082342890202 bila anda telfon tidak di angkat,mohon tinggalkan pesan,berarti kami sibuk tamu
    TERIMA KASIH.
    WASSALAM

  42. Bpk. MOH. ABDULLAH mengatakan:

    ASSALAMUALAIKUM YAYASAN RAUDLATUL IMAN
    GANDING – SUMENEP ==============
    ALHAMDULILLAH HIROBBIL ALAMIN BERKAT RAHMAT SERTA HIDAYAH ALLAH S.W.T SERTA IZIN MAHA GURU DENGAN BEKAL ILMU KEWALIAN KAROMAH, BAGI ANDA YG PUNYA MASALAH HUTANG,BANGKRUT USAHA,BUTUH MODAL,DLL…BERSAMA KH. MOH. ABDULLAH,DENGAN IZIN ALLAH,GAPAI DUNIAMU,KEJAR CITA CITAMU,RAIH SEMUA MIMPIMU,AGAR ORANG LAIN TIDAK LAGI MENGHINA ANDA
    KAMI SIAP MEMBANTU DENGAN….
    1. KANTONG SUGIH
    2. UANG GHAIB
    3. NIKAH JIN
    4. UANG BALIK
    5. NOMER TOGEL
    6. PENGASIHAN
    7. PENGLARISAN 8. SANTET HITAM DI JAMIN 100% SUKSES
    PROSES CEPAT DAN TERPERCAYA
    BAGI YANG BERMINAT

    SILAHKAN HUBUNGI
    KH. MOH. ABDULLAH HP : 081216499602 bila telfon tidak di angkat,mohon tinggalkan pesan,berarti kami sibuk tamu
    TERIMA KASIH.
    WASSALAM

  43. MOH. HOSNAN mengatakan:

    ASSALAMUALAIKUM
    PP.NURUL AMIN
    WRINGIN – BANYUWANGI ==============
    ALHAMDULILLAH HIROBBIL ALAMIN BERKAT RAHMAT SERTA HIDAYAH ALLAH S.W.T SERTA IZIN MAHA GURU DENGAN BEKAL ILMU KEWALIAN KAROMAH,KAMI DATANG BAGI ANDA YG PUNYA MASALAH HUTANG,BANGKRUT USAHA,BUTUH MODAL,DLL…BERSAMA KH. MOH. HOSNAN,DENGAN IZIN ALLAH,RENTANGKAN
    SAYAPMU,GAPAI DUNIAMU,KEJAR CITA CITAMU,RAIH SEMUA IMPIANMU,AGAR ORANG LAIN TIDAK LAGI MENGHINA ANDA
    KAMI SIAP MEMBANTU DENGAN….
    1. KANTONG SUGIH
    2. DANA GHAIB
    3. UANG BALEN
    4. NOMER REJEKI
    5. PENGASIHAN
    6. PENGLARISAN…DLL
    DI JAMIN 100% SUKSES
    PROSES CEPAT TEPAT TERPERCAYA
    BAGI YANG BERMINAT

    SILAHKAN HUBUNGI
    KH. MOH. HOSNAN NHP : 085745358402
    082342890202 bila anda telfon tidak di angkat,mohon tinggalkan pesan,berarti kami sibuk tamu
    TERIMA KASIH.
    WASSALAM

  44. jasminesuparno mengatakan:

    aku ijin share di twitter mas baguuuus

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: